Senin, 16 September 2019

Lahan Transmigrasi Desa Liandok Jelas dan Sesuai Prosedur

Dinsosnakertrans : Status Lahan APL Bukan HPT

TOMPASOBARU, (manadoterkini.com) – Status lahan transmigrasi Desa Liandok Kecamatan Tompasobaru sudah jelas dan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Minsel Drs Jefry Prang Msi.”Status lahan transmigrasi Desa Liandok sudah jelas, sehingga bisa melakukan aktifitas untuk penyediaan lahan pemukiman dan perkebunan bagi transmigrasiā€ ujarnya.

Dengan demikian Transmigran Desa Liandok tidak perlu kawatir, apalagi Status lahannya bukan Hutan Produksi terbatas, tapi sudah ada peralihan dengan status Areal Penggunaan Lain (APL) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kehutan tahun 2000 tertanggal 19 Juli. Kemudian ada izin lokasi dari Bupati Minahasa tahun 2000, serta ada juga rekomendasi dari Dinas perkebunan Provinsi Sulut tahun 2000.”Proses pembangunan pemukiman dan penyediaan lahan sudah dilakukan sesuai aturan dan sudah melalui proses sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya lagi.

Selain itu proses yang dilakukan untuk kepentingan transmigrasi melalui tahapan dan kajian yang cukup panjang sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. Dimana pada 20 November 2000 lalu pengurus koperasi tani Mayaaya Desa Liandok, mengajukan permohonan kepada Gubernur untuk menjadikan lokasi tersebut sebagai kawasan transmigrasi.

Dilanjutkan dengan surat tertanggal 12 Maret 2003 tentang kesiapan masyarakat menerima program tranmigrasi yang ditujukan kepada Gubernur Sulut. Jadi status lahan sesuai aturan jelas dan tidak ada kesalahan pada 29 Agustus 2003 ada permohonan ijin dari Kakanwil Transmigrasi untuk lokasi Liandok dijadikan transmigrasi. 10 Oktober 2003 ada SK Bupati Minsel tentang penetapan lokasi Transmigrasi Liandok. Melalui kajian teknis pembangunan transmigrasi, dinyatakan memenuhi syarat tahun 2009. “Pada 22 September 2010 Bupati usul untuk program transmigrasi baru ditujukan kepada Gubernur dan tahun 2010 itu juga dikekeluarkan surat keterangan pendaftaran tanah yang ditandatangani kepala kantor pertanahan Minsel, dan tahun 2012 program transmigrasi mulai diproses,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*