Selasa, 17 September 2019

Kejari Nilai Permainan Proyek di Bitung Sangat Rapi

BITUNG, (manadoterkini.com ) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bitung mengaku adanya indikasi yang menarik dalam proses tender proyek-proyek di Pemkot Bitung. Pasalnya, dari selisih nilai antara pagu dan kontrak sebuah proyek sangat besar, sehingga efektifitas anggaran jadi pertanyaan.”Ya, ini bisa dikatakan kalau permainan proyek di Bitung sangat rapi,” ujar Kepala Kejari Bitung Bambang Eko Mintohardjo SH MH, melalui Kasi Pidsus Heru Rustanto SH kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

Menurut Rustanto, temuan itu didapat dalam upaya pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket) yang dilakukan Kejari Bitung baru-baru ini. Dimana, selisih antara nilai pagu dan kontrak mencapai sekitar Rp 500 juta.”Kami mendapatkan banyak proyek yang pagunya Rp 1 miliar lebih, tapi setelah ditender yang menang penawarannya rendah sekali,” katanya.

Lanjut Dia mengatakan, seharusnya, kalau memang nilai kontrak bisa ditekan serendah mungkin, pagu yang ditetapkan tidak harus setinggi-tingginya.”Kan jadi pertanyaan, kemana selisih anggaran itu mengalir. Kami akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menelusurinya,” ungkap Rustanto.

Adapun dalam rangka membidik sejumlah dugaan korupsi di internal Pemkot Bitung maupun lembaga lain, Kejari Bitung sudah beberapa kali turun lapangan melakukan pulbaket. Salah satunya ada penelusuran yang dilakukan di Kelurahan Batuputih, Kecamatan Ranowulu, dimana Kejari Bitung menemukan indikasi tidak beres dalam pengerjaan sebuah sekolah di daerah itu.

Menanggapi ini, Koordinator Aliansi Masyarakat Anti Korupsi (AMAK) Sulut, dr Sunny Rumawung, kembali menyuarakan dukungannya terhadap upaya Kejari Bitung membongkar dugaan korupsi di pemerintahan.

Rumawung pun mengingatkan kejaksaan tidak gentar dengan berbagai upaya yang mungkin menghambat.”Intervensi maupun desakan dari pihak luar harus dihadapi. Kejaksaan harus maju terus dan mengusut tuntas dugaan-dugaan korupsi yang mencuat di Kota Bitung selama ini,” tandasnya. Ia pun mengaku siap menyupport kejaksaan dengan memberikan sejumlah data yang dipunyai terkait indikasi penyimpangan uang negara.(art)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*