Senin, 16 September 2019

Bupati Landjar Optimis Boltim Pilkada Langsung

BOLTIM, (manadoterkini.com) – Kendati Undang-Undang (UU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur, Walikota dan Bupati sudah ditetapkan DPR RI, namun Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar SH mengaku optimis, Pilkada langsung masih berlaku di tahun 2015 mendatang.

Menurut Dia, dengan diterbitkannya Perpu Nomor 1 Tahun 2014 yang dikeluarkan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), maka secara otomatis, UU Pilkada nomor 22 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota itu dipilih oleh Dewan Kabupaten/Kota dinyatakan gugur.”Terbitnya Perppu secara otomatis UU Pilkada yang terbitkan oleh DPR-RI lalu, tidak bisa dijalankan lagi. Jadi otomatis Perppu harus dijalankan. Akan tetapi, jika DPR-RI menolak Perppu tersebut, maka akan terjadi kekosongan dalam Pilkada 2015 mendatang. Hal ini tentunya akan berdampak buruk di masyarakat nanti,” ujar Landjar.

Di tempat terpisah, dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Politik Dalam Negeri (Poldagri), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Boltim, Udel Simbala SE, masih maraknya penolakan terhadap UU Pilkada DPR Provinsi dan Kabupaten/Kota. Dengan kata lain, rakyat Indonesia masih menginginkan Pilkada langsung.”Dengan dilantiknya Presiden RI yang baru yakni Joko Widodo, kami sangat yakin, Perppu tentang Pilkada lansung akan berlaku,” tandasnya.(ojr)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*