Senin, 16 September 2019

Warga Tondano Keluhkan Penanganan Sampah

minahasa

Dr Christian Vicky Tanor SPI MSI

TONDANO, (manadoterkini.com) – Berbicara sampah merupakan salah satu hal yang tidak dipisahkan oleh masyarakat, lihat saja penanganan sampah di pusat Ibukota Minahasa, Tondano disorot warga. Dibeberapa titik ataupun di pasar terlihat sampah menumpuk dan bau menyengat dan membuat pemandangan tidak enak dilihat.

Pantauan manadoterkini.com di pasar Tondano nampak sampah berceceran bahkanpun menjelang siang ada sampah yang belum diangkat oleh Mobil pengangkut sampah. Beberapa warga dan pedagang diseputaran pasar yang dimintai pendapatnya mengatakan bahwa sampah ini terlambat diangkat sehingga baunya sangat mengganggu aktivitas dipasar.

“Sampah disini sering terlambat diangkat, karena itu dengan bau menyengat bisa-bisa orang tidak betah berbelanja dipasar ataupun bisa sakit karena bau-nya,”ujar warga

Lanjut penjual di pasar Tondano, mereka mengharapkan supaya Pemkab Minahasa lebih khusus Dinas yang menangani sampah ini supaya bisa secepatnya ditangani setiap hari ataupun menambah armada pengangkut sampah.

Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten Minahasa Vicky Tanor dilokasi Pameran Minahasa Expo 2014, saat dimintai keterangan terkait keluhan masyarakat karena lambannya penanganan sampah di Wilayah Tondano, mengatakan bahwa sebenarnya setiap hari mobil pengangkut sampah selalu mengangkat sampah.”Setiap hari sampah diangkat, tapi memang beberapa hari ini sampai beberapa hari kedepan ada kendala sedikit dengan adanya pengerjaan jalan aspal menuju TPA Kulo,”tandasnya.

Lanjutnya lagi, mobil pengangkut sampah tertahan karena proyek aspal menuju TPA Kulo sedang dalam pengerjaan dan bila sudah selesai pasti akan normal seperti kembali. “Mobil pengangkut tertahan, karena tidak bisa masuk jika jalan sementara diaspal, Karena itu atas nama Pemkab Minahasa memohon maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan akibat sampah terlambat diangkut,”pungkasnya.(chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*