Senin, 16 September 2019

Boltim Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian

BOLTIM, (manadoterkini.com) – Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) rupanya saat ini kekurangan tenaga penyuluh pertanian. Untuk itu peteni meminta kepada Pemkab Boltim, menambah tenagta penyuly pertanian, agar masalah-masalah pertanian bisa ditanggulangi.

“Dinas Pertanian Boltim harusnya tanggap dengan kendala para petani Boltim, kekurangan tenaga penyuluh pertanian membuat kami terkendala masalah teknis dalam bertani, jadi kami meminta kepada instansi terkait untuk segera merealisasikan permintaan kami sebagai petani,” ujar Stenly Mewengkang warga Desa Kotabunan.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluh Pertanian,Perikanan, Perkebunan dan Kehutanan (BP4K) Boltim Julius Aror ketika dikonfirmasi mengungkap bahwa tenaga penyuluh di Boltim ada sejumlah 85 orang, yang berstatus PNS 46 orang dan sisanya penyuluh swasta yang direkrut pemerintah dan akan ditambah juga dengan penyuluh swadaya yakni para petani yang mengikuti pelatihan dan mendapat sertifikat dan mereka yang akan menutupi kekurangan di sektor-sektor ini.

“Nanti dalam waktu dekat ini kita dari BP4K akan usahakan merekrut kembali tenaga penyuluh dalam satu wadah dan akan ada regulasi yang mengatur, tentang penyuluhan swadaya di Boltim dan itu akan kita sesuaikan dengan ilmu yang mereka dapat dari pelatihan. Justru itu kami berharap agar para petani bisa membantu pihaknya untuk memajukan ekonomi pertanian di Boltim,” harapnya.(ojr)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*