Selasa, 17 September 2019

Sempat Terlantar di Jakarta, IKSSAT Bitung Juara Lomba Masamper Nasional

BITUNG, (manadoterkini.com)-Meskipun sempat terlantar selama berada di Jakarta, hanya saja prestasi gemilang ditoreh Grup Masamper utusan Ikatan Kerukunan Sitaro Sangihe Talaud (IKSSAT) Bitung. Pasalnya, pada perlombaan Masamper tingkat nasional yang di pusatkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pekan lalu, IKSSAT Bitung ini sukses menggondol juara I.

Hal ini dibenarkan Wakil Ketua IKSSAT Bitung, Drs Semuel Muhaling kepada manadoterkini.com Minggu (2/11) siang tadi. Muhaling mengungkapkan, lomba tingkat nasional yang diprakarsai Pelka Laki-laki Sinode GMIST dan diikuti sembilan peserta dari berbagai daerah.”Kita berhasil mengalahkan juara tingkat Sulut, Smirna Malalayang Manado. Mereka runner-up kita juara I,” katanya.

Menurut Muhaling yang memimpin rombongan berlomba di Jakarta, IKSSAT Bitung tampil prima dalam perhelatan tersebut. Tak hanya dedengkot Nusa Utara seperti Wakil Gubernur Sulut DR Djouhari Kansil MPd, penampilan Grup IKSSAT Bitung turut mendapat apresiasi dari penonton yang mencapai ribuan orang.”Ini buah dari persiapan yang kita lakukan sebelum lomba. Selain itu, ini juga tak lepas dari dukungan Pemkot Bitung dan masyarakat,” tukasnya seraya menyebut Grup Masamper IKSSAT Bitung dikomandoi Pangaha Amos Gama Kakomba dengan Manajer Max Galatang.

Selain IKSSAT Bitung dan Smirna Malalayang, pemenang lain lomba ini adalah Grup Tiwelo Manalu, Grup Kalvari Kendahe, Grup Bahoi Tagulandang dan Grup Lohoraung Tulusan Tagulandang.

Ironisnya, meski sukses mengharumkan nama daerah dan organisasi, rombongan IKSSAT Bitung bernasib apes dalam keikutsertaannya di ajang tersebut. Mereka sempat terkatung-katung selama kurang lebih dua hari karena tidak punya uang.”Hari pertama kami tiba di Jakarta, tidak ada uang sepeserpun yang diberikan pengurus IKSSAT. Biaya akomodasi dan makan kami tanggung sendiri,” ujar Max Galatang selaku manajer tim.

Lanjut Dia, Tim baru mendapat bantuan dana sebesar Rp 3 juta setelah dua hari terlantar di ibukota Negara.”Kami sangat kecewa dengan Ketua dan Sekretaris IKSSAT Bitung. Mereka tidak punya sumbangsih apapun bagi kami. Justru pak wakil walikota Max Lomban SE MSi yang membantu kami dengan memberikan uang tiket,” sebut Galatang.

Diketahui, Ketua IKSSAT Bitung adalah Sekretaris Kota Drs Edison Humiang MSi. Yang bersangkutan merupakan salah satu tokoh Nusa Utara terkemuka di Kota Bitung.(art)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*