Senin, 16 September 2019

Pemkab Kaimana Minta Pemkab Minahasa Jamin Kenyamanan Mahasiswa Papua

TONDANO, (manadoterkini.com) – Pasca bentrok antara Mahasiswa Papua dengan warga Tataaran, Pemerintah Kaimana, Papua Barat, Senin (03/11) mendatangi Pemkab Minahasa. Rombongan yang dipimpin Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kaimana, Luther Lumpumbon.

Manurut Luther, kedatangan mereka diperintah langsung Bupati Kaimana, meneruskan aspirasi mahasiswa Papua asal Kaimana di Unima maupun di Tomohon. Mereka meminta Pemkab dan Polres memberikan perlindungan dan rasa aman bagi masyarakat.

“Iya saya disuruh Bupati langsung atas aspirasi 100-an mahasiswa Papua asal Kaimana, tapi setelah berkeliling saya merasa aman dan nyaman disini,”kata Luther.

Lanjutnya, saat ini mahasiswa Papua ada yang meminta kepada mereka untuk segera di pulangkan ke Kaimana.”Penyampaian para mahasiswa mereka tak mau lagi kuliah di Unima dan beberapa di Tomohon karena tak merasa nyaman lagi, dan meminta untuk dipulangkan. Kami ke sini melihat langsung apa betul kabar itu. Namun faktanya, kondisi di sini baik – baik saja,” ujarnya.

Selesai dari Tondano dan balik ke Kaimana, akan langsung dilaporkan ke Bupati dan DPRD Kaimana. “Iya, nanti saya lapor bahwa semua baik-baik saja. Karena kalau mereka pulang bisa menimbulkan hal-hal tidak baik oleh masyarakat Kaimana kepada orang Manado yang sebagian besar pendatang di Papua dari Manado,”tandasnya.

Terpisah dengan itu, Bupati Minahasa JWS saat bentrok terjadi waktu lalu, memberikan pesan saat berada di Maryland, AS bahwa Pemerintah akan tetap memberikan rasa aman di daerah Minahasa pun juga dengan warga Papua yang berada di Tondano dan meminta supaya masyarakat menjaga keamanan dan menjaga supaya tidak terprovokasi dengan masalah ini.(chris)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*