Selasa, 17 September 2019

Slogan Torang Samua Basudara Masih Jadi Magnet

FKUB Bulungan Kalimantan Utara Belajar Kerukunan di Manado

manado

Kunjungan FKUB Bulungan

MANADO, (manadoterkini.com) – Slogan Torang Samua Basudara ternyata masih menjadi magnet tersendiri bagi Kota Manado. Terbukti kerukunan antar umat beragama menjadi daya tarik sejumlah daerah di Indonesia, sehingga melakukan studi banding di Kota Manado.

Seperti halnya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara, Selasa (04/11) berkunjung ke Kota Manado, untuk membuktikan langsung slogan torang samua basudara tersebut.

Rombongan FKUB Bulungan, diterima staf Ahli Bidang Pemerintahan Franky Mewengkang bersama Ketua Harian FKUB Manado, Pdt Renata Ticonuwu

Mantan Asisten Bidang Pemerintahan tersebut, kemudian menjelaskan kepada FKUB Bulunga, bahwa Pemkot Manado mensupport kegiatan umat beradama di Kota Manado. Salah satunya insentif bagi pemimpin gereja, imam mesjid serta tokoh agama lainnya. “Setiap bulannya Pemkot Manado memberikan insentif kepada 1.997 pimpinan agama yang terdiri dari Ketua Jemaat, Imam mesjid serta tokoh agama lainnya senilai Rp 750.000,”kata Mewengkang.

Makanya, Kota Manado sulit untuk disulut oleh konflik yang bernuansa SARA, karena kerukunan agama sangat tinggi. Beliaupun mengatakan bahwa kunjungan dari FKUB Bulungan merupakan satu kebanggaan bagi pemerintah Kota Manado.

Rombongan yang dipimpin oleh Ketua FKUB Bulungan, Muhammad Kasman Gaffar, mengatakan Manado dipilih karena kondisi harmonisasi keberagaman sangat dahsyat.”Sinergitas Pemkot dengan masyarakat sangat baik kondisi harmonisasi keberagaman sangat dahsyat wujudnya lewat FKUB,”ujar Gaffar.

Lewat kunjungan kerja tersebut, diharapkan pemerintah Kalimantan Utara yang juga merupakan provinsi termuda ini ingin adanya perubahan dengan belajar ke daerah yang mempunyai track record kerukunan umat beragam yang baik. “Nantinya hasil dari kunjungan kerja ini akan menjadi masukan kepada pemerintah Kabupaten Bulungan,”tandasnya.

Ditambahkannya juga honor diperoleh oleh pemuka agama di Kabupaten Bulungan hanya sepertiga dari yang didapat FKUB Manado. Menutup dialognya Gaffar mengatakan bahwa se-Indonesia, Manado adalah kota yang sangat harmonis dan sinergis.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*