Minggu, 22 September 2019

Rumah Makan dan Restoran Abaikan Kebersihan, Pembekuan Izin Usaha Menanti

salah satu rumah makan di jalan Samrat

Kadis Parbud Hendrik Warokka memeriksa TDUP

MANADO, (manadoterkini.com) – Hasil dari inspeksi mendadak (Sidak) tim gabungan Pemkot Manado, yang dilakukan Selasa (04/11) akan langsung dievaluasi. Dimana hasil evaluasi sidak nantinya akan ditindaklanjuti oleh instansi terkait. “Contohnya, jika persoalan perizinannya tidak lengkap atau tidak ada, tentu akan ditindaklanjuti BP2T. Kalau tidak higienis, maka akan ditindak Dinas Kesehatan. Jika limbah yang dibuang ke laut berpotensi merusak biota laut, maka Dinas Perikanan dan Kelautan yang akan menindaknya,” ungkap Kadis Periwisata dan Kebudayaan Hendrik Warokka kepada wartawan.

Makanya, sanksi pembekuan izin usaha menanti bagi rumah makan dan restoran yang mengabaikan kebersihan dan menyajikan makanan yang tidak higienis. “Jika terbukti melanggar, maka akan diberikan sanksi. Tapi sebelumnya akan diberikan teguran tertulis dulu,”katanya.

Disisi perizinan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) Kadis Pariwisata menyatakan data yang ada di pihaknya restoran 108 dan Rumah Makan 246 yang terdaftar. “Selebihnya belum. Jika kita gali potensi PAD dari bidang rumah makan dan restoran pasti masih banyak dan hal itu akan kami genjot,” kata Waroka.(ald)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*