Senin, 16 September 2019

Penerangan Jalan di Amurang tak Berfungsi Tingkatkan Angka Kriminal

AMURANG, (manadoterkini.com) – Lampu penerang jalan di beberapa titik di 7 Kelurahan yang ada di Kecamatan Amurang Raya banyak tidak berfungsi. Pelak saja tidak berfungsinya penerangan jalan tersebut ternyata sangat berdampak kepada meningkatnya angka kriminalitas.”Beberapa tindakan kriminal yang terjadi baru- baru ini dipengaruhi lingkungan yang gelap gulita. Sangat baik kalau lampu jalan difungsikan, akan meminimalisasi potensi gangguan kamtibmas,” kata Doan Runtuwene tokoh muda Minsel kepada manadoterkini .com.

Hal senada disampaikan Jonly Tumuyu. Dia mendesak pemerintah daerah melalui instansi terkait yang bertanggung jawab pada pemeliharaan lampu jalan, untuk memperbaiki penerang jalan yang tak lagi berfungsi itu.”Masih banyak daerah yang belum mendapat penerangan lampu jalan. Masyarakat bayar pajak lampu jalan tapi tidak mendapat penerangan jalan. Pemkab Minsel harus segera memperbaiki semua lampu jalan yang rusak,” kata Tumuyu.

Menurutnya, pihaknya kerap kali mendapatkan keluhan warga terkait banyaknya lampu jalan yang tak berfungsi. Parahnya lagi, sudah berulangkali disampaikan ke Pemkab Minsel namun tidak ada realisasi perbaikan.”Ada anggaran pemeliharaan bahkan penyambungan lampu jalan baru yang ditata dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) setiap tahunnya. Itu harus digunakan dengan benar. Karena itu kami minta instansi yang bertanggungjawab segera memperbaikinya,” tandasnya.

Sementara itu dari pantauan manadoterkini.com terlihat sejumlah lampu jalan yang ada di jalur Trans Sulawesi mulai dari Tumpaan hingga Kelurahan Kawangkoan Bawah Kecamatan Amurang Barat terlihat banyak lampu jalan yang sudah tidak berfungsi alias rusak.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*