Selasa, 17 September 2019

Nelayan Mengeluh, Solar Subsidi Tidak Dijual Lagi di Boltim

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Tidak sedikit para nelayan di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengeluhkan tidak tersedianya Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi di SPBU Tutuyan. Pasalnya, jatah solar subsidi di wilayah Boltim telah ditiadakan pihak PT pertamina.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim Ir H Djamaludin kepada manadoterkini.com, mengatakan, alasan PT Pertamina meniadakan solar subsidi, karena wilayah Boltim dikenal daerah industri. “Banyak perusahaan pertambangan dan perusahaan lainnya di wilayah Boltim. Memang dulunya pernah ada solar subsidi dijual SPBU Tutuyan, tapi ternyata banyak dibeli oleh kendaraan perusahaan tambang. Hal ini membuat PT Pertamina terpaksa meniadakan penjualan solar subsidi di Boltim,” jelas Djamaludin.

Ditempat terpisah, pemilik SPBU Tutuyan Sam Kandoli saat dikonfirmasi membenarkan bahwa SPBU Tutuyan satu-satunya ada di Boltim, selama ini belum bisa menjual solar bersubsidi. Ia pun mengaku, pihak SPBU Tutuyan juga ikut prihatin terhadap para nelayan yang membutuhkan solar subsidi. “Untuk mengadakan kembali tidaklah mudah, harus membutuhkan proses,“katanya.

Sebab itu, kata Kandoli, agar solar subsidi bisa ada kembali, saat ini SPBU Tutuyan sedang mempersiapkan penjualan BBM Pertamax.”Sebentar lagi SPBU Tutuyan akan jual Pertamax. Kalau sudah ada pertamax, otomatis ada juga solar bersubsidi. Jadi saat ini sementara berproses penjualan Pertamax dan Solar subsidi,” katanya.(ojr)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*