Minggu, 15 Desember 2019

Astaga, Rumah Makan Ternama di Manado tak Kantongi Izin

MANADO, (manadoterkini.com) – Koorinasi lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Manado, terbilang masih lema. Padahal Walikota GS Vicky Lumentut, sudah berulang kali menegaskan agar pejabat Pemkot Manado harus mempu melakukan koordinasi baik hal izin-izin usaha muapun izin lainnya.

Pasalnya, ada beberapa rumah makan di Kota Manado yang kini sudah beroprasi namun tak mengantongi izin usaha. Bahkan dari pengakuan Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) kota Manado Drs Harke Tulenan, ternyata ada salah satu rumah makan ternama di Manado.“Rumah makan Kawan Baru di kawasan Mega Mas izinya sudah tidak berlaku sejak 2013 lalu. Sedangkan Kawan Baru yang berada di titik lain di wilayah Manado sama sekali tidak ada izin,” ungkap Tulenan yang dikonfirmasi Rabu (5/11) kemarin.

Pelak saja hal ini membuat Pemkot Manado kecolongan. Artinya, hal ini membuktikan koordinasi lintas SKPD tidak jalan sehingga berdampak pada adanya izin maupun tidak lagi diperpanjang izin tersebut.

Informasi rumah makan ternama tersebut tak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Izin Gangguan (HO) dari Bagian Perekonomian, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dari Dinas Perindag, Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) dari Dinas Pariwisata, Kajian Lingkungan dari BLH.

Menurut Kabag Perekonomian Pingkan Sinjal SE Msi, sejak dirinya dipercayakan sebagai Kabag Perekonomian, ketat melakukan pengawasan termasuk usaha rumah makan dan restoran di Manado. “Monitoring per kecamatan kita lakukan. Pengawasan juga turun terggantung kondisi, biasa tiap bulan dan itu biasanya bersama BP2T, yang artinya secara terpadu. Jadi tidak ada perlakuan khusus bagi siapa pun,” kata Sinjal.

Dilain pihak kata Sinjal, untuk menindaklanjuti izin usaha bukan hanya bagian perekonomian namun lintas SKPD. Pasalnya, perlu proses kemudian bisa keluar izin usaha. “Untuk mendapatkan SIUP dan HO, persyaratan pelaku usaha harus miliki fiscal, kajian lingkungan hidup, IMB, Amdal Lalim,”ungkapnya. (ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*