Senin, 16 September 2019

Dikeluhkan Warga, Lumpur di Jalan Kairagi Langsung Ditindaklanjuti Wawali Manado

manado

Wawali ketika mendatangi jalan kairagi yang dikeluhkan warga

MANADO, (manadoterkini.com) – Aktifitas galian tanah di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi membuat jalan penuh lumpur dan berdebu. Pelak saja kondisi tersebut membuat pengendara terganggu dan sempat membuat kecelakaan karena jalan jadi licin ketika hujan, sementara pada saat panas debu bertebangan.

Tak ayal, Wawali Harley AB Mangindan, langsung menindaklanjuti setelah mendapat laporan warga. “Saya mendapat pesan singkat (SMS) keluhan dari warga tentang kondisi jalan ini,” ungkap Wawali.

Dia meminta, kepala lingkungan dan lurah setempat untuk saling berkoordinasi terkait setiap pembangunan bangunan di wilayahnya. “Jangan sampai ada warga yang duluan mengeluhkan atau melaporkan masalah ini ke atasan. Ini memalukan,” tambah Wawali.

Apalagi sebagaimana diketahui, Manado akan memasuki tahapan penilaian pertama (P1) Adipura. “Mari kita sama-sama menjaga lingkungan masing-masing untuk kepentingan bersama,” himbau Wawali.

Lurah Kairagi Weru Yusuf Gampomale dilokasi mengakui, pembangunan gedung tersebut belum berizin, karena masih sedang berproses di BP2T. Namun untuk masalah lumpur, katanya, sebenarnya bukan berasal dari wilayahnya.

Pengawas pembangunan bangunan Alex mengaku, akan menghentikan aktivitas pembangunan, hingga izin dipegang. “Nanti akan dihentikan dulu aktivitas,” katanya.

Kendati demikian, dia mengaku telah berkoordinasi dengan pemadam kebakaran dan pemerintah kelurahan untuk menyelesaikan masalah lumpur yang meluber di jalan. “Tanah yang dicutting rencananya akan dibuang di daerah reklamasi,” ungkapnya.

Di tempat lain, pengamat perkotaan Leonardo mengatakan, cutting dan pembangunan yang dilakukan terkadang tidak memperhatikan lingkungan. “Ini jadi tugas pemerintah kota untuk menyelesaikannya,” ujarnya. “Sebenarnya pembangunan itu bagus, tapi perubahan tata lingkungan perlu pemerintah tindak lanjuti dengan audit amdal. Jika tidak, masalah seperti bencana tanah longsor dan banjir bisa terjadi dengan mudah,” tandanya.(*/ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*