Senin, 16 September 2019

Di Minsel Perangkat Desa Masih Dibolehkan Berijazah SMP

AMURANG, (manadoterkini.com) – Salah satu pasal dalam UU Nomor 6 Tentang Desa yang menyebutkan, perangkat desa harus berijazah minimal SMA sederajat. Namun, untuk penerapannya, perlu didukung dengan produk hukum dibawahnya, antara lain Peraturan Daerah atau Perda. Ini berarti perangkat Desa berarti ijazah di bawah SMA sederajat, sampai sekarang masih dibolehkan secara aturan.

Di Minsel sendiri, perintah UU Desa tersebut, kemungkinan baru bisa dijalankan mulai pertengahan 2015, menyusul belum bisa dibahasnya Ranperda yang mengatur tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa diakhir 2014 ini.”Sebenarnya terkait UU Desa tersebut, ada 10 Ranperda yang harus dibahas atau direvisi. Tetapi untuk akhir 2014, kemungkinan baru Ranperda tentang ADD yang akan dibahas,” ujar Kabag Hukum Setdakab Minsel Lucky Tampi SH kepada manadoterkini.com.

Menurut Tampi, mengacu pada Permendagri 1 tahun 2014 tentang produk hukum daerah, pembuatan Perda harus disertai dengan naskah akademik.”Kendalanya di situ. Naskah akademiknya belum ada, tetapi kita upayakan 10 Ranperda tersebut sudah tuntas paling lambat semester pertama 2015,” jelasnya.

Hanya saja, Tampi menambahkan, dari 10 Ranperda tersebut, Ranperda tentang ADD diupayakan bisa tuntas dibahas diakhir 2014 atau sebelum pembahasan RAPBD 2015.”Ini kita dahulukan, karena dianggap paling urgent. Mudah-mudahan dalam waktu dekat draft Ranperdanya sudah masuk ke DPRD,” tandas mantan kabag Humas Pemkab Minsel ini.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*