Rabu, 18 September 2019

Disparbud Manado Pertegas Standarisasi Usaha Rumah Makan

manado

Hendrik Warokka SPd DEA

MANADO, (manadoterkini.com) – Standarisasi usaha pariwisata seperti rumah makan dan restoran di Kota Manado, perlu diperketat dalam segi pengawasan maupun ketentuan izin usaha. Hal ini ditegaskan Kadis Parbud Manado, Hendrik Warokka SPd DEA, kepada manadoterkini.com, akhir pekan kemarin.

Tiga aspek yang dipertegas Disparbud yakni Produk, Pengelolaan dan Pelayanan kepada konsumen. Dimana Standarisasi Usaha Jasa Makanan dan Minuman serta Perda Nomor Empat Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Usaha perlu terus disosialisasikan kepada pemilik usaha pariwisata di Kota Manado.“Sebelum tim Disparbud mendatangi langsung ke RM, maka terlebih dahulu menggelar sosialisasi. Dalam sosialisasi ini ada 3 aspek yang diberitau yaitu, Produk, Pengelolaan dan Pelayanan kepada konsumen,”kata Warokka yang turut didampingi Kabid Industri Pariwisata Yuming Singal, Senin (10/11).

Diakuinya jumlah rumah makan yang terdaftar di Disparbud sebanyak 264 dan restoran 108. Makanya, Warokka sangat menyayangkan rumah makan dan restoran yang tidak hadir dalam sosialisasi yang digelar Disparbud di Hotel Peninsula akhir pekan kemarin.“Tidak semua pelaku usaha yang hadir dalam kegiatan ini. Pemerintah sudah berusaha memfasilitasi sosialisasi ini agar disaat tim turun semua persyarakatan sudah disiapkan,”akunya.

Lebih jauh ditegaskan Warokka, pihaknya tidak akan segan-segan menutup usaha pariwisata yang tidak menaati peraturan yang berlaku. Untuk itu, jika tidak bisa memperlihatkan dokumen dan persyaratan membuka rumah makan sesuai peraturan, Disparbud akan memberikan teguran tiga kali. Jika teguran tiga kali tidak diindahkan maka akan tutup.“Kami akan tegas, jika pelaku usaha tidak taat aturan maka kami tidak segan segan untuk menutup RM tersebut, oleh karena itu kami memberitau terlebih dahulu agar bisa melengkapi persyaratan yang ada,”tegas Warokka.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*