Rabu, 18 September 2019

Wabup Ivansa Irup Hari Pahlawan di Minahasa

TONDANO, (manadoterkini.com) – Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Senin (10/11) bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Hari Pahlawan di Lapangan Kantor Bupati, Tondano. Upacara yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-50 diikuti jajaran Pemkab Minahasa serta para tamu undangan.

Ivansa sapaan familiar Wabup Minahasa, mengajak semua lapisan untuk memaknai arti dari Hari Pahlawan. “Sejarah Bangsa Indonesia mencatat bahwa perjuangan merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat. Komitmen ini adalah perwujudan tindakan dan pengorbanan yang penuh militansi dari para Pahlawan,”tutur Ivansa mengutip sambutan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa. “Kita harus memaknai semua itu sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan pada masa kini dan mendatang,”ungkapnya.

Sementera itu Tema hari Pahlawan di tahun ini “Pahlawanku Idolaku” dimaksudkan untuk mengunggah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai, baik sebagai panutan maupun figur idola pencarian jati diri. Untuk itu diharapkan menjadi inspirasi bagi generasi penerus bahwa semangat juang dan kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di setiap insan yang menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa.

Hadir juga dalam upacara hari Pahlawan di Minahasa, Ketua DPRD James Rawung SH, Kapolres AKBP. Ronald Rumondor SIK MSi, Kajari Risman Tarihoran SH MH, Ketua PN Novri Oroh SH MH, Kasdim 1302 Mayor Inf Imam Buchori, Sekda Jeffry Korengkeng SH MSi, para Pejabat Pemkab, unsur TNI/POLRI, PEPABRI, LVRI, Pramuka, Siswa dan semua PNS di lingkup Pemkab Minahasa yang ditandai dengan pengibaran Bendera oleh Paskibraka Minahasa, pembacaan UUD 1945 dan pembacaan Pesan-pesan Pahlawan.

Ditempat terpisah, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Minahasa Agustifo Tumondo, SE, M.Si, upacara Hari Pahlawan kali ini dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-50. “Usai upacara dilanjutkan dengan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Dr GSSJ Ratulangi Tondano dangan Inspektur Upacara Kapolres AKBP Ronald Rumondor dan dihadiri Wakil Bupati Ivansa dan Forkopimda Minahasa lainnya,”pungkasnya.(chris)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*