Senin, 16 September 2019

Walikota Manado : Jadikan Hari Pahlawan Momantum Tingkatkan SDM

MANADO, (manadoterkini.com) – Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut berharap, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia bisa ditingkatkan. “Hal itu menjadi satu cara terbaik untuk menghargai para pahlawan kusuma bangsa, selain menjaga persatuan dan kesatuan,” terang Walikota memaknai Hari Pahlawan 10 November Senin (10/11).

Ditegaskan GSVL sapaan akrab Walikota, SDM harus mendapatkan perhatian khusus agar daerah atau negara bisa lebih maju. “Untuk menjadi maju, bukan hanya butuh sumber daya alam (SDA) tapi kualitas sumber daya manusia harus ditingkatkan,” terangnya.

Pasalnya, jika mengandalkan SDA satu kelak akan habis. Makanya, perlu ditingkatkan sumber daya manusia. “Kalau kita hanya mengandalkan SDA maka satu ketika depositnya akan habis, tapi kalau kita memiliki SDM yang baik, maka kita akan semakin efisien dan efektif untuk mengelola SDA yang ada, demi masa depan anak cucu kita,”tandasnya.

Senada, Wawali Manado Dr Harley Mangindaan mengatakan, perjuangan pahlawan perlu diteladani. Sebab kaitannya dengan zaman sekarang tak pernah habis. “Rasa kebersamaan sebagai satu bangsa, meski ada perbedaan keyakinan, suku, pandangan politik, strata sosial dan sebagainya. Namun berkat satu keinginan, perbedaan tersebut bukan menjadi penghambat kebersamaan para pejuang dulu untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan,” jelasnya.

Menurutnya, mutu peringatan harus terus ditingkatkan, agar penghayatan makna pahlawan terwujud secara utuh. “Meski setiap tahun kita mengenang jasa para pahlawan,” tambahnya.

Selain itu, peringatan Hari Pahlawan jangan hanya dijadikan sekadar kegiatan seremonial saja. “Tugas semua pihak saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman,” terangnya.

Dia menambahkan, Indonesia sedang membutuhkan banyak pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang damai, adil dan demokratis, serta bersih dan bebas korupsi. “Sementara karekteristik seorang pahlawan adalah jujur, pemberani, dan rela melakukan apapun demi kebaikan dan kesejahteraan orang banyak,” ungkapnya. Sementara itu, peringatan Hari Pahlawan kemarin digelar di Lapangan Sparta Tikala. Dandim 1309 Letkol Dino Martino didaulat sebagai inspektur upacara.(*/ald)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*