Rabu, 18 September 2019

Sebelum Pilbup, Buyat Akan Diusulkan Menjadi Kecamatan

Landjar : Desa Buyat Harus Menjadi Kecamatan

TUTUYAN,(manadoterkini.com) – Polemik pemekaran Desa Buyat menjadi Kecamatan Buyat menjadi pembicaraan hangat saat ini di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Namun polemik ini nyatanya bukan dipersoalkan oleh Pemkab Boltim.

Terbukti Bupati Boltim Sehan Landjar SH, mengungkapkan kepada wartawan, Senin (10/11) malam barusan di kediamannya. Sehan mengungkapkan terjadi pengerucutan terhadap pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).”Tinggal menunggu persetujuan dari pihak Pemprov. Karena menurut aturan perundang-undangan yang berlaku,pemekaran untuk Desa Buyat menjadi Kecamatan Buyat belum memenuhi aspek. Aturannya setiap Kecamatan harus dinaungi oleh 12 Desa, tetapi Desa Buyat hanya mampu menaungi 7 Desa saja,”ucap Sehan.

Tetapi menurut Sehan, pandangan dari aturan-aturan itu bisa dibuat pengecualian, selama ada kepentingan pemacuan ekonomi bagi warga yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tetangga.”Kita harus melihat rentan kendali dan pelayanan ke masyarakat. Saya rasa ini semua bisa dibicarakan untuk kepentingan warga,”ungkap Landjar.

Lanjut Landjar, pemekaran harus melihat aspek yang lebih urgen. “Kita harus melihat rentan kendali dan pelayanan ke masyartakat Desa. Paling utama yakni wilayah perbatasan harus dimekarkan menjadi Kecamatan,”katanya.

Diakuinya akan ada pengusulan ke Pemprov dalam waktu dekat ini.”Sebelum pemilu kami akan segera mengusulkan melalui kajian Pemprov,”tukas Bupati yang begitu merakyat ini.

Diketahui pemekaran ini, direncanakan pihak Pemkab Boltim demi meminimalisir angka inflasi karena efektifitas pasar berada jauh dari pusat Kecamatan yang berpusat di Kecamatan Kotabunan.(ojr)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*