Selasa, 17 September 2019

Diduga Dicemari Abu Batu Bara PT MNS, Puluhan Marga Madidir Terserang Penyakit ISPA

BITUNG, (manadoterkini.com) – Kasus pencemaran lingkungan nampaknya masih sangat marak di Kota Bitung. Salah satunya adalah pencemaran udara yang diduga dilakukan salah satu perusahaan Minyak Kelapa PT Multi Nabati Sulawesi (MNS) yang berada di Kelurahan Madidir, Kecamatan Madidir.

Berdasarkan pantauan manadoterkini.com di sekitar perusahaan, puluhan warga mengeluhkan debu batu bara yang berterbangan sehingga menganggu kesehatan warga.”Kami sangat terganggu dengan adanya debu batu bara yang terbawa angin dari PT MNS. Dimana rumah kami menjadi kehitam-hitaman dan kami bisa terancam penyakit sesak napas atau ISPA. Apalagi disini banyak anak bayi yang sering kali hidung mereka sudah kehitam-hitaman yang bakal terancam berbagai penyakit yang membahayakan,” ujar MH alias Hamise, warga Madidir Unet.

Dirinya menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan demo dan meminta pertanggungjawaban dari pihak PT MNS jika mereka terserang penyakit dan akan melaporkan pencemaran ini ke instansi terkait.

Sementara itu pihak PT MNS melalui salah satu pimpinan Mr Suherman yang dikonfirmasi sejumlah wartawan, hanya menjawab santai akan hal tersebut. Menurut Suherman, apa yang terjadi di sekitar perusahaanya adalah bukan polusi batu bara.”Akan tetapi itu hanya debu dari udara yang dibawa angin,” ujar Suherman.(tr1)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*