Minggu, 22 September 2019

Petani Minsel Menjerit Ribuan Pohon Cengkih Mati Diserang Hama Ulat

MOTOLING, (manadoterkini.com)-Beberapa bulan belakangan ini hama ulat menyerang ribuan pohon cengkih yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Tidak mengherankan bila serangan ulat ini membuat sejumlah petani pusing tujuh keliling. Pasalnya, cengkih yang meraka harapkan bisa berbuah tahun depan, sudah pada mati karena serangan ulat.

Menurut petani asal Motoling Barat Donald Wongkar, hama ulat yang menyerang ribuan tanaman cengkih, mulai dari yang usia satu tahun sampai yang sudah produksi, sampai saat ini belum diketahui obat untuk pencegahannya.”Kami petani hanya menggunakan minyak tanah dan oli untuk pencegahan awal, namun biasanya tanaman yang sudah diserang hanya beberapa minggu langsung mati,” ujar Wongkar.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Ketua DPRD Minsel Rommy Pondaag. Menurutnya tanaman cengkih miliknya sudah ratusan yang mati akibat seranga ulat.”Ciri-ciri pohon cengkih yang diserang ulat bisa dilihat dimana, daunnya berguguran dan batang pohonnya berlubang,” ujar Pondaag.

Lanjutnya sebagai Wakil Ketua DPRD Minsel saya berharap apa yang saat ini dihadapi oleh petani bisa dicari solusinya oleh Dinas Perkebunan.”Saya berharap pihak Dinas Perkebunan bisa memberikan penyuluhan kepada para petani, terkait jenis hama ulat apa yang menyerang pohon cengkih petani dan bagaimana cara pencegahannya. Bila perlu dalam penyusunan APBD 2015 ini ada alokasi anggaran untuk pencegahan,” ungkap Pondaag.

Ditambahkannya, bila masalah ini dibiarkan ditakutkan kedepan tahaman cengkih di Minsel akan musnah dan petani akan merugi.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*