Senin, 16 September 2019

Antisipasi Tanah Longsor, Dinas PU Minahasa Siagakan Alat Berat

TONDANO, (manadoterkini.com) – Musim hujan telah tiba, Pemkab Minahasa melalui Dinas Pekerjaan Umum telah menyiapkan alat berat untuk mengantisipasi longsor yang menutupi jalan. Hal ini diungkapkan Kadis Pekerjaan Umum Ir Jhon Kusoy MT, kepada manadoterkini.com, Selasa (11/11) di ruang kerjanya.

Menurut Kusoy, pihaknya selalu siap sedia jika terjadi longsor yang membutuhkan alat berat. “Kami (Dinas PU,red) siap dengan alat berat untuk membuka lokasi jika nanti ada daerah yang terkena longsor dan menutup jalan, Dan pasti kami siaga 24 jam, apalagi sekarang ini cuaca hujan,”ujarnya.

Lanjut Kussoy, pihaknya menyediakan alat berat jika ada permintaan atau informasi dari Pemerintah Kecamatan dan ada bagusnya juga selanjutnya berkordinasi dengan BPBD.”Pastinya jika ada informasi pasti siap. Tapi kalaupun ada kami biasanya meminta supaya dibayar operator dan pengangkutan ke lokasi, karena saat ini Dinas PU tidak ada dana. Dulunya ada tapi sekarang tidak karena sudah ada Badan sendiri yang menangani Bencana (BPBD,red), bisa dicek ke mereka,”ujarnya.

Kondisi geografis sejumlah wilayah di Minahasa memang masuk rawan longsor. Seperti halnya Kecamatan Tombariri, Pineleng, dan beberapa daerah lain di Minahasa. Untuk itu Wabup Ivan Sarundajang, beberapa waktu lalu menyampaikan agar warga yang tinggal di wilayah rawan bencana agar mencari tempat yang lebih aman. “Warga di Minahasa selalu waspada apalagi sekarang ini masuk musim hujan, baik bahaya banjir maupun tanah longsor,”kata Sarundajang.

Diketahui beberapa hari terakhir hujan deras mengguyur merata di seantero Minahasa. Lihat saja siang tadi, hujan turun mengakibatkan disejumlah titik di Tondano tergenang air, begitu pula disekitar kantor Bupati dan Komplex Lapangan Sam Ratulangi yang akan diadakan kegiatan Festival Pasar Minahasa.(chris)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*