Senin, 16 September 2019

Warga Dusun Lima Panang Butuh Jaringan Listrik

KOTABUNAN,(manadoterkini.com) – Sejak dimekarkan enam (6) tahun lalu, kini Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) telah menjadi salah satu urat nadi perekonomian Indonesia Timur lebih khusus Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Tak pelak, kerja keras Bupati Boltim Sehan Landjar SH patut diacungi jempol, namun masih perlu dukungan listrik yang memadai.

Warga Boltim pun mengakui akan sepak terjang Bupati Boltim terhadap pembangunan. Dikatakan sejumlah warga Boltim kepada manadoterkini.com, minimnya jaringan listrik di sejumlah wilayah menjadi tantangan Bupati Boltim kedepan.

Makanya, keberpihakan Bupati terhadap masyarakat harus diikuti oleh para stekholder lainnya. Salah satu mitra stekholder pemerintah yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Kotamobagu terus saja menggerus akan kepercayan warga terhadap pemerintah Kabupaten Boltim. Pasalnya ada ratusan warga yang belum mendapatkan aliran listrik, sebut saja di Desa Kotabunan Wilayah Dusun V (Lima) Panang, sampai saat ini, jika malam tiba, gelap gulita hadir tanpa ampun menerpa kegelapan warga.”Desa kami terdapat wilayah pemukiman yang belum tersedia fasilitas jaringan listrik sebagai penunjang peningkatan kesejateraan rakyat,”keluh Herin Kewo warga setempat.

Hal senada juga disampaikan Rudi Sariambapu selaku Kepala Dusun V Panang.”Kami adalah daerah pengembangan pemukiman penduduk di wilayah Panang yang terdiri dari 75 Kepala Keluarga (KK), sampai saat ini belum menghadapi kenyataan kenyamanan penerangan listrik di malam hari,”ucap Rudi.

Sesuai Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan, menyebutkan bahwa Pembangunan ketenagalistrikan bertujuan untuk menjamin ketersediaan tenaga listrik dalam jumlah yang cukup, kualitas yang baik, dan harga yang wajar dalam rangka meningkatkan kesejateraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata serta mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Sayangnya upaya konfirmasi terhadap General Manager PLN Cabang Modayag Nyoman Gede Prawira melalui telepon seluler tidak dijawab begitupun melalui short massage service (SMS) tidak dibalas.

Bupati Boltim Sehan Landjar SH langsung angkat bicara. Dia mengatakan peningkatan Hidup warga menjadi tanggung jawab penuh seorang Kepala Daerah dan ini adalah amanah, dan tidak lama lagi akan ada percepatan pembangunan jaringan listrik dengan berupaya duduk bersama dengan jajaran PLN Pusat.”Masyarakat adalah yang paling utama, ini amanah dan dalam waktu tidak lama lagi kami akan langsung berkoordinasi dengan intansi terkait demi mempercepat pelayanan terhadap masyarakat, khususnya dalam hal pelayanan aliran listrik warga,”terang Landjar.(ojr)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*