Selasa, 17 September 2019

Masih Banyak Genangan Air, Walikota Akui Drainase di Manado Belum Baik

manado

Walikota, Wawali dan Sekda Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Masyarakat Kota Manado mengeluhkan terjadinya banyak genangan air disaat hujan turun di Kota Manado, disebabkan masih belum baiknya drainase atau saluran air di daerah ini. Akibat jalan yang berair, menghambat arus lalu lintas dan mengganggu pengguna jalan. “Kota Manado perlu penataan drainase, karena yang terjadi sekarang ketika hujan turun meskipun tidak deras, banyak saluran air yang tidak mampu menampung air hujan. Akibatnya, terdapat banyak genangan air yang menutupi jalan,”ujar pemerhati Kota Manado Widdy Rorimpandey SPt MPd.

Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) harus lebih peka lagi dalam melakukan penataan infrastruktur kota termasuk perbaikan drainase. “Saya tahu, pemerintah telah berupaya untuk mencari jalan keluar dengan memperbaiki drainase di beberapa titik di Kota Manado. Pemerintah harus kebih tanggap lagi untuk melakukan pembenahan. Hanya saja, perlu kajian yang matang agar bisa meminimalisir terjadinya titik-titik genangan air,”ujar Rorimpandey.

Masih belum baiknya drainase di Kota Manado diakui Walikota Manado GS Vicky Lumentut. Menurutnya, kondisi seperti itu sebagai dampak bencana banjir bandang yang terjadi di Manado 15 Januari lalu. Sehingga, pemerintah telah menganggarkan biaya pembersihan drainase dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Manado. Meskipun dengan anggaran yang terbatas. “Drainase di Manado yang belum baik karena terkena bencana banjir. Apalagi, dana yang tersedia di APBD untuk membersihkan saluran air yang rusak dan tersumbat sangat terbatas,”tukas GSVL, sapaan akrab Walikota.

Lanjut dikatakan GSVL, pemerintah memerlukan dana yang cukup untuk melakukan normalisasi perbaikan drainase diseluruh wilayah Kota Manado, termasuk yang rusak akibat bencana banjir. Olehnya, Pemkot akan menganggarkan perbaikan drainase dalam APBD kota tahun 2015. “Perlu dana baru untuk normalisasi perbaikan drainase,”pungkasnya.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*