Rabu, 18 September 2019

Penilaian Adipura P1, Wawali Ajak Semua Elemen Bekerja

MANADO, (manadoterkini.com) – Wawali Manado Dr Harley Mangindaan mengajak agar semua lapisan masyarakat bisa tingkatkan mengawal lingkungan masing-masing untuk tetap bersih. Pasalnya, penegasan Manado mendapatkan Piala Adipura jelas membawa nilai lebih bagi investasi, pariwisata hingga perekonomian di kota Manado.

Menyusul, secara beruntun Adipura didapat Manado begitu banyak daerah lain yang datang belajar di kota Manado. “Saat ini kita mulai mampu menerapkan dan menggerakkan kader lingkungan kebersihannya hingga di tingkat Lingkungan. Pasti dari situlah banyak daerah lain yang berkunjung dan belajar ke Kota Manado. Dengan adanya kunjungan dari daerah lain, secara otomatis akan berdampak pada sektor perekonomian kesejahteraan masyarakat sekitar juga akan terangkat,” terang Wawali Rabu (12/11).

Untuk itu, Wawali mengajak berjuang bersama-sama dan bekerja keras untuk menciptakan lingkungan yang asri untuk Kota Manado. “Tanggal 14 November ini tim Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup akan datang ke Manado untuk melakukan pemantauan tahap satu (P1). Yang dinilai kebersihan fasilitas publik seperti, taman kota, hutan kota, pelabuhan, terminal, rumah sakit, sekolah, jalan, saluran terbuka termasuk sungai , TPA. Namun yang menjadi poin tinggi dalam P1 adalah Bank Sampah di kecamatan Bunaken serta pengolahan sampahnya. Pasar plus pemilahan sampah, tidak boleh ada pembakaran sampah. Keteduhan juga dinilai, penghijauan dan pohon peneduh,” beber Wawali.

Kegagalan kota Manado dalam meraih Adipura Kencana tahun 2013 lalu, tidak menjadi penghalang bagi pemerintah setempat untuk tetap giat dalam menggerakan seluruh masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan. “Kita selalu konsisten, karena merebut Adipura bukan satu-satunya tujuan, yang terpenting bagi Kota Manado kebersihan lingkungan tetap terjaga,” tegas Wawali.

Kadis Kebersihan dan Pertamanan Manado Julises Oehlers SH mengatakan, sampah merupakan faktor vital yang sangat mempengaruhi lingkungan, dan jika tidak dikelola dengan baik maka sampah akan menjadi sumber malapetaka bagi masyarakat, seperti halnya banjir, dan menjadi sumber berbagai penyakit.(*/mlz)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*