Rabu, 18 September 2019

Sekda Manado Hadiri Rakor Bersih-bersih Bunaken

manado

Rakor bersih-bersih Bunaken

MANADO, (manadoterkini.com) – Dalam rangka kegiatan bersih-bersih Bunaken, Kamis (13/11) digelar rapat koordinasi di ruang assisten II Provinsi Sulawesi Utara, yang juga diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Manado MHF Sendoh.

Mantan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi itu, mewakili Pemkot Manado dan memberikan apresiasi rapat koordinasi tersebut. Pasalnya, Taman Nasional Laut Bunaken berada di wilayah Pemkot Manado.”Karena kegiatan ini bukan hanya membersihkan Taman Laut Bunakan, tapi sampai pesisirnya Bunaken,”ujar Sendoh.

Sekda pun berharap kegiatan ini jangan hanya melibatkan Pemerintah Kota, Aparat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetapi perlu melibatkan berbagai elemen seperti tentara, kepolisisan, LSM yang bergerak di bidang lingkungan untuk memaksimalkan kegiatan ini. “Kegiatan bersih-bersih Bunaken ini akan mendidik agar lebih mencintai lingkungan. Karena nantinya akan kita wariskan ke anak cucu kita. Dengan bersih-bersih ini akan menggugah masyarakat untuk tidak membuang sampah baik di hulu sampai hilir. Kegiatan ini dimaksudkan untuk merobah mental dan mengingatkan masyarakat agar tidak membuang sampah dilaut,”imbu Sendoh.

Sendoh juga mengingatkan pemilik tempat usaha yang berada di pintu gerbang masuk Pulau Bunaken, agar terus menjaga kebersihan. ”Silahkan berjuaalan tetapi dilihat kebersihan dan ditata dengan baik jangan semrawut. Nanti akan dikoordinasikan dengan aparat setempat penataannya agar enak dipandang,”tuturnya.

Dalam rapat itu juga rencananya bersih-bersih Bunaken akan dselenggarakan pada minggu depan dan sebelumnya juga akan dilaksanakan rapat pemantapan kegiatan bersih-bersih pantai yang akan melibatkan stakholder-stakholder lainnya.

Assisten II Setdaprov Sulut, Sanny Parengkuan, mengatakan kegiatan ini merupakan himbauan langsung dari Gubernur SH Sarundajang. Dimana bukan hanya menjadi tugas instansi pemerintah untuk menjaga kebersihan Bunaken mengingat Bunaken merupakan ikon dari Sulawesi Utara. “Diperlukan juga kesadaran masyarakat dan keperdulian masyarakat luas,”kata Parengkuan mengutip himbauan SHS.

Hadir dalam rapat koordinasi ini dari Kepala SKPD pemerintah Provinsi dan Kota Manado seperti Kadis Pariwisata Sulut, Kadis Pariwisata Manado, Kaban BLH Kota Manado, Kepala Badan BLH Provinsi Sulut, Kadis Perikanan dan Kelautan Kota Manado, Kepala Biro SDA Prov. Sulut dan juga dari DPTMB Bunaken.(ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*