Senin, 16 September 2019

Wabup Buka Tes CPNS Boltim di BKN Sulut

manado

Foto bersama usai membuka tes CPNS Boltim

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Computer Assested Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) secara resmi dibuka Wakil Bupati (Wabup) Boltim Medy Lensun ST, di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) regional XI di Manado, Kamis (13/11) sekitar Pukul 08.00 WITA.

Wabup mendorong kepada seluruh peserta ujian agar berusaha sebaik mungkin mengisi soal-soal ujian.”Isi dengan teliti, kerjakan sebaik mungkin,”ujar Lensun.

Ia juga berharap, hasil ujian CAT CPNS Boltim tahun 2014 ini, akan lahir sejumlah aparatur negara yang berkualitas dan sungguh-sungguh mengabdi di Kabupaten Boltim. Dari tes CPNS yang diikuti 2.561 peserta ini dilaksanakan secara bertahap diruang ujian lantai II kantor BKN Sulut.

Menariknya lagi, nilai yang dicapai setelah ujian, bisa diketahui oleh peserta. Apakah memenuhi standar passing grade atau tidak. Dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, Drs. Darwis Lasabuda kepada manadoterkini.com, karena banyaknya peserta ujian, maka tes CPNS dengan sistim CAT ini akan dilaksanakan selama 7 hari.”Untuk hari ini dilaksanakan 5 sesi atau 1 sesi berjumlah 90 sampai 100 peserta. Hari kedua 4 sesi dan seterusnya hingga berakhir dihari ketujuh,” ujar Darwis.

Dijelaskanya, nilai ambang batas Tes Kompetensi Dasar (TKD) seleksi CPNS tahun ini adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 70, Tes Intelejensi Umum (TIU) 75 dan Tes Karakter Kepribadian (TKP) 126.

Selanjutnya, jumlah nilai yang dicapai ditiga kompetensi dasar tersebut dilakukan perengkingan sampai pada proses pengisian formasi yang dibutuhkan. “Jadi, meski sudah lulus dalam passing grade, masih dilakukan perengkingan untuk mengisi 169 formasi CPNS di Boltim. Walupun total nilainya sangat tinggi tapi salah satu kompetensi dasar tidak memenuhi nilai ambang batas atau tidak masuk rengking maka dianggap tidak lulus,” tandasnya.

Turut hadir dalam pembukaan seleksi CPNS Boltim diantaranya, Ketua DPRD Boltim Sam Sachrul Mamonto, Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim Ir M Assagaf, Kepala Inspektorat Boltim Dra. Meike Mamahit,MAP serta sejumlah pejabat dan staf BKDD Pemkab Boltim.(ojr)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*