Rabu, 18 September 2019

Mega Proyek di Minut Terancam tak Selesai Akhir Tahun

AIRMADIDI (manadoterkini.com) – Pelaksanaan sejumlah proyek pembangunan Minahasa Utara (Minut) 2014, yang dikontrakkan kepada pihak ketiga awal Agustus kemarin terancam tak akan selesai akhir tahun. Pasalnya, hingga saat ini pencapaian prosentase pekerjaan baru berkisaran 60 hingga 70 persen.

Ketua DPP Harian PAMI Maikel Tilung SE, SH, mengungkapkan, sejumlah proyek pembangunan yang berbandrol diatas 1 miliar terancam tak akan selesai tepat waktu. “Pelaksanaan proyek Minut untuk pembangunan kantor Dinas Kesehatan, pembangunan Rumah Dinas Bupati, Rumah Dinas Wakil Bupati hingga pembangunan kantor Pengadilan Negeri Kabupaten Minut, diperkirakan tak selesai, menginggat hingga saat ini pencapaiannya baru berkisaran 60 hingga 70 persen,”tuturnya, Kamis (13/11).

Dikatakannya, untuk pelaksanaan proyek pembangunan kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Minut, yang baru mencapai 70 persen ini, masih jauh dari target prosentasi pekerjaan.“Seharusnya, untuk saat ini proyek tersebut harus mencapai 80 persen, dan anehnya lagi pelaksanaan proyek tersebut tak diawasi oleh dinas terkait,”ungkap Tilung.

Disamping itu, sejumlah proyek yang ada di Minut diduga tidak sesuai dengan standar keselamatan pekerja.“Untuk saat ini rata-rata proyek yang bergerak di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sudah bekerja sama dengan BPJS untuk menjamin keselamatan pekerja. Sementara untuk Minut sendiri, sejumlah pihak ketiga sebagai pelaksana pekerja tak menjamin keselamatan pekerjaannya,”tegas Tilung.

Lanjut, ini perlu ada perhatian dari pemerintah khususnya dinas tenaga kerja agar bisa mengawasi keselamatan para buru bangunan yang berada di Minut.“Dinas Tenaga Kerja Minut harus menindak dan bekerja ekstra untuk memperhatikan keselamatan pekerja,”tandasnya.(fen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*