Senin, 16 September 2019

Pansus DPRD Manado Genjot Perhitungan Anggaran LPJ 2013

manado

Boby Daud

MANADO, (manadoterkini.com) – Pembahasan Laporan Pertanggung Jawaban Walikota Manado digenjot oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD Manado. Agenda Perhitungan Anggaran (PA) yang dilaksanakan di Hotel Swissbell, melibatkan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebagai pengguna anggaran, mengingat kantor DPRD masih dalam perbaikan.

Manariknya, pelaksanaan perhitungan anggaran (PA) hanya satu hari. Meski begitu pembahasan perlu mendapat apresiasi karena DPRD Manado berusaha menuntaskan semua agenda dewan demi masyarakat. “Meski hanya dilakukan sehari, diharapkan PA bukan hanya agenda seremoni, tapi perlu memiliki kualitas,”kata tokoh pemuda Chris Mongkaren SIP kepada manadoterkini.

Boby Duad yang adalah Wakil Ketua Pansus, mengatakan maksud dilakukannya pembahasan dan referensi yang digunakan DPRD Kota Manado sudah sesuai mekanisme sehingga tidak membutuhkan banyak waktu. ”Kami dari Pansus mendapat data yang valid dari LKH dari temuan atau rekomendasi BPK. Sehingga dari situ kita mengetahui capaian yang telah diraih, dan SKPD yang belum mencapai target 100 persen penggunaan anggaran. Memang ada, sebagian SKPD yang tidak capai 100 persen, meski begitu disisi lain ada juga SKPD mencapai 100 persen lebih,” ujar Daud yang juga kader PAN Kota Manado ini.

Legislator Tikala ini merasa tidak jadi persoalan bilamana belum terbentuknya kelompok kerja (Pokja) sebagaimana mekanisme yang biasanya digunakan, anggota DPRD Manado boleh membentuk panitia khusus (Pansus) sebagai pengganti kerja-kerja Pokja.”Pansus sudah menjalankan tugasnya, iya memang biasanya dibentuk Pokja. Baru Pokja menjalankan tugas, tapi karena jumlah SKPD yang hadir cukup banyak, maka Pokja walau belum terbentuk yang penting sudah ada Pansus. Tugas Pansus bisa seperti Pokja sebenarnya, saat ini kita bagi seperti juga tugas-tugas Komisi,” ujar Daud.

Ditempat terpisah Walikota GS Vicky Lumentut, berharap semua agenda Dewan Manado dapat berjalan susai yang direncanakan. Pasalnya, apa yang mereka bahas di lembaga dewan merupakan perpanjangan kepentingan masyarakat Kota Manado. ”Kami berharap semua agenda dari lembaga DPRD Kota Manado berjalan baik, sesuai yang telah direncanakan. Apalagi pembahasan dan tugas-tugas semua ini adalah untuk masyarakat Kota Manado,” tutur Lumentut.

Diketahui sehari kemarin telah dilakukan paripurna penyampaian nota penghantar pertanggung jawaban atas APBD 2013 oleh Walikota GS Vicky Lumentut.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*