Minggu, 22 September 2019

Musim Penghujan, Walikota Ingatkan Warga Waspada Bencana

Walikota GS lumentuMANADO, (manadoterkini.com) – Walikota Manado Godbless Sofcar Vicky Lumentut (GSVL) terus mengingatkan warganya agar tetap waspada dengan bencana banjir dan tanah longsor. Pasalnya, berdasarkan perkiraan dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut, potensi curah hujan di Kota Manado berlangsung sampai awal Tahun 2015 mendatang.

“Saya mengingatkan kembali bagi warga Manado yang tinggal di wilayah Bantaran Sungai dan lokasi rawan Longsor, agar terus waspada karena musim hujan di Kota Manado telah tiba,”kata Walikota GSVL diruang kerjanya.

Tak ayal, bencana banjir yang menerjang Kota Manado, 15 Januari 2014 lalu, menjadikan satu pengalaman yang berarti bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Manado terlebih bagi Masyarakat yang tinggal di wilayah rawan Banjir dan Tanah Longsor.

Lanjut Lumentut, bagi warga yang tinggal di daerah rawan banjir dan di bantaran sungai serta rawan tanah longsor harus waspada, kalau perlu disaat hujan lebat agar mencari tempat yang aman untuk menginap sementara. “Jadikan Bencana 15 Januari lalu sebagai pengalaman, kalau hujan sudah berlangsung beberapa hari sebaiknya mengantisipasi terjadinya bencana banjir, saya himbau warga yang tinggal di daerah rawan banjir agar menghindar atau keluar sementara mencari tempat yang aman,” himbau Lumentut seraya menambahkan, untuk daerah rawan longsor, diketahui bersama musim panas yang berlangsung lama mengakibatkan adanya keretakan tanah. “Musim panas yang panjang membuat tanah menjadi beronggah, ketika hujan turun bisa mengakibatkan terjadinya tanah longsor. untuk itu disaat hujan turun sebaiknya warga yang tinggal di daerah tebing (Jurang-red), agar bisa keluar sementara menghindari akan terjadinya tanah longsor,” diingatkan Walikota GS Vicky Lumentut.(ald)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*