Senin, 16 September 2019

Pasca Gempa, Tes CPNS Boltim Tetap Berjalan Kondusif

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Kepala Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Drs Darwis Lasabuda memastikan saat terjadi gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) Sabtu (15/11) kemarin pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Boltim sedang berlangsung di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI perwakilan Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, Maluku dan Makassar (Sulutenggo-Malsar), namun tes tetap berjalan kondusif walaupun sempat terjadi kepanikan dari seluruh peserta dan pegawainya. “Kepanikan itu hanya bersifat sementara saja. Selanjutnya, mereka tetap melanjutkan tes seperti biasa hingga batas waktu yang diberikan pada hari itu (Sabtu,red). Semua aman terkendali,”ujar Darwis.

Sama halnya dengan para peserta yang pada siang hari itu masih melakukan antrian menunggu jadwal pelaksanaan tes pada sesi berikutnya, Darwis menghimbau agar tidak terlalu panik dan juga tidak termakan isu-isu yang beredar bahwa akan terjadi tsunami. “Saya langsung memberikan pengumuman kepada mereka, setelah mendapati informasi pihak BMKG Sulut bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Karena isu-isu tersebut terlalu didramatisir,”jelasnya.

Dimana agar tidak memberikan kesan negatif akan isu-isu tersebut, dirinya mengajak para peserta tes baik yang tengah melakukan tes maupun yang sedang menunggu sesi berikutnya untuk tetap fokus pada pelajaran dan materi soal yang tengah dihadapi. “Buat apa mendengarkan isu yang sumbernya tidak jelas. Saya hanya berpatokan pada BMKG Pusat dan Provinsi Sulut,”tandasnya.

Diketahui pelaksaan tes CPNS Boltim yang menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT) pada hari Sabtu (15/11) untuk kategori Diploma satu (D1).(ojr)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*