Senin, 16 September 2019

Harga Cabai di Minahasa Tembus Rp 70 Ribu

TONDANO, (manadoterkini.com) – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, M.Si belum lama ini membuat gebrakan dengan nama Kabupaten Cabai atau Kabupaten penghasil Cabai, walaupun disebut penghasil Cabai tapi bukan menjamin bahwa cabai akan melimpah dan harga cabai akan murah dan terjangkau. Lihat saja harga cabai rawit (Rica,red) di Kabupaten Minahasa, naik hingga mencapai Rp 70 ribu per kilogram (kg) pada Minggu, (16/11). Padahal beberapa pekan sebelumnya hanya di kisaran Rp 40.000 hingga Rp 50.000 per/Kg.

Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten Minahasa Dr. Vicky Tanor, S.Pi, M.Si mengatakan kepada manadoterkini.com, lewat pesan singkat, bahwa saat ini Cabai di Minahasa naik melambung tinggi harganya.”Iya, harga Cabai beberapa pekan terakhir selalu naik, dan sekarang mencapai hingga Rp. 70.000 per Kg,‚ÄĚkata Tanor.

Menurut Tanor, pergerakan kenaikan Cabai di Pasar Tondano, Minahasa mulai bergerak naik pada bulan September sampai sekarang ini. Harga naik dari Rp. 40.000 dan Rp. 50.000 per/Kg.”Bulan September lalu sekitar Rp. 40.000 per/Kg untuk cabai keriting,”tandasnya.

Meskipun mengalami kenaikan harga, menurut Tanor, pemerintah akan terus menjaga agar permintaan konsumen tetap terpenuhi dan besok akan turun langsung ke pasar memantau langsung.”Besok kami akan turun ke pasar mengecek harga rica, termasuk sembako dan minyak goreng,”tutur mantan Kabag Humas dan Protokol Minahasa.

Seorang pembeli di pasar Tondano, Minggu (16/11). menuturkan, harga cabai rawit yang cukup mahal ini membuat dirinya tidak mampu membeli dalam jumlah yang banyak. Bahkan dalam ukuran sedikitpun, tetap masih terasa mahal. “Iya pe mahal skali, beli sadiki tetap dapa rasa dia pe harga, semoga kedepan harga rica mo turun dan kembali normal,”katanya.

Sedangkan pembeli lainnya mengatakan agar pemerintah Minahasa melihat secara serius masalah ini, apalagi menjelang Hari Natal dan Tahun Baru.”Pemerintah perhatikan supaya cabai boleh terjangkau harganya,”tutur seorang pembeli lainnya. Salah satu pedagang Cabai mengatakan bahwa memang cabai terus naik harganya, stoknya pun memang berkurang. (chris)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*