Selasa, 17 September 2019

Tindak Lanjuti TKPKD Boltim, Diknas Optimalkan BSM dan APBD

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Pengurangan angka kemiskinan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat disegala sektor menjadi target utama pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bersama Tim Kordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) diakhir tahun 2014 ini hingga 2015 mendatang. Disektor pendidikan melalui Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Boltim sebagai salah satu instansi teknis mengoptimalkan para siswa sekolah dari SD sampai SMA melalui Bantuan Siswa Miskin (BSM).

“BSM itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang nantinya akan ditambah APBD Boltim. Siswa yang kurang mampu selain diberikan beasiswa maupun pakaian seragam sekolah,”ujar Kepala Diknas Boltim, Yusri Damopolii.

Dikatakanya, dari data siswa kurang mampu di Boltim sementara ini diperkirakan kurang lebih sekitar 200-an yang meliputi SD-SMA itu nantinya tidak akan disalurkan sekalian dan dipastikan harus tepat sasaran. “Penyalurannya secara bertahap. Adapun untuk bantuan beasiswa akan disalurkan melalui transfer rekening bank kepada rekening siswa bersangkutan, yang sebelum itu data siswa kurang mampu itu harus rekomendasi melalui surat keterangan dari Sangadi (Kepala desa,red) supaya lebih jelas,”terangnya.

Adapun sebelumnya ditegaskan Wakil Bupati (Wabup) Boltim, Medy Lensun agar semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis di Boltim diantaranya, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Catatan Sipil (Discapil), Kantor Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Bagian Kesejahteraan Sosial (Kesos) dan Ekonomi di Setda Boltim, agar pada bulan November ini semua data program penunjang sudah dimasukan dan dilakukan pengkajian kembali untuk lebih tepat sasarannya.

“Nanti data akan dimasukan ke Sekretariat TKPKD di Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan dan Penanaman Modal (Bepelitbangdal) melalui bidang Sosial Budaya. Dimana dari data yang tercatat keseluruhan warga miskin di Boltim ada 4000-an lebih, dan contohnya penyaluran bantuan oleh Dinsos melalui Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH),”jelas Wabup.(ojr)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*