Rabu, 18 September 2019

Turunkan Anak Putus Sekolah, Project BASICS di Mitra Mulai Buahkan Hasil

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Project Better Approach to Service Provision through Increased Capacities in Sulawesi (BASICS) yang bertujuan membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pencapaian target Standar Pelayanan Minimal (SPM) di bidang Pendidikan dan Kesehatan di Provinsi Sulut mulai membuahkan hasil.

Buktinya, di Kabupaten Mitra misalnya, dilakukan proyek pengembangan kapasitas yang berfokus pada pelayanan pendidikan dasar dan kesehatan yang menekankan pada SPM untuk pencapain tujuan pembangunan millenium. Project BASICS terdiri dari komponen Penguatan Kapasitas (PK) dan BASICS Responsive Intiative (BRI).

Komponen BRI merupakan bagian terpadu dengan PK yang bersinergi dengan program dan kebijakan pemerintah daerah dan pemerintah pusat, yang intinya mengembangkan inisiatif pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, agar menjadi program pemerintah daerah secara rutin.

Dari monitoring dan evaluasi BRI yang dialakukan di Kabupatem Mitra akhir pekan lalu, BASICS berhasil membantu mengurangi anak putus sekolah dan mengurangi angka kematian ibu hamil dan kematian anak, serta mampu membantu meningkatkan kesehatan ibu dan anak.

Data yang dirangkum di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Mitra tahun 2013, dua kecamatan di Kabupaten Mitra yaitu Kecamatan Pusomaen terdapat 45 anak putus sekolah dan di Kecamatan Belang terdapat 71 anak putus sekolah. Setelah projek BASICS masuk tahun 2014 mengalami penurunan, di Kecamatan Belang anak yang bersedia kembali ke sekolah SD ada 7 Anak dan SMP ada 12 anak serta di kecamatan Belang anak yang bersedia kembali ke sekolah SD 11 Anak dan SMP 21.

Sementara dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra tahun 2013 terdapat 6 kasus kematian ibu hamil saat melahirkan dan di tahun 2014 ini menjadi nol atau tdk ada sama sekali. Sedangkan angka kematian bayi saat melahirkan di tahun 2013 terdapat 43 kasus dan di tahun 2014 tinggal 32 kasus.

Kasubag Pendidikan Dasar Dikpora Kabupaten Mitra Theresia Ruoh S.Pd didampingi Kasubag Bidang Perencanaan dan Keuangan Dany Wahongan SPd menegaskan, kegiatan BASICS yang dilakukan di Kabupaten Mitra sangat membantu pemerintah daerah sehingga dapat mengurangi anak putus sekolah.”Apalagi dengan bantuan BASICS yang memberikan bantuan seragam dan perlengkapan pendidikan bagi anak-anak yang mau melanjutkan pendidikan bisa meringatkan mereka, sehingga kelak anak-anak ini bisa menyelesaikan pendidikan baik di tingkat SD maupun SMP dan hingga ke tingkat yang lebih tinggi,” tandasnya.(chindry)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*