Selasa, 17 September 2019

15 Kelompok Tani di Minahasa Dapat Bantuan Hand Tractor

Hand Tracktor

Hand Tracktor

TONDANO, (manadoterkini.com) – Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Minahasa menyalurkan bantuan Hand Tractor kepada 15 Kelompok Tani. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Minahasa Ir. Revly Mambu atas nama Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, M.Si.

Menurut Kepala Dinas Ir. Revly Mambu kepada manadoterkini.com, Senin (17/11), penyaluran bantuan Hand Tractor kepada petani di Minahasa dilakukan pada minggu kemarin dan sisanya pada hari ini.

“Penyerahan keseluruhan ada 15 Unit, dan pada hari Jumat (14/11) lalu sudah diberikan 10 Unit dan sisanya pada hari ini yakni 5 unit,”tutur Mambu.

Menurut Mambu penyerahan Hand Traktor dengan Merek Yanmar ini kiranya dimanfaatkan sebaik mungkin oleh petani sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri.

“Dengan bantuan ini lebih giat lagi mengelola tanah, jangan terbiar ataupun terlantar sawah yang dikelola dan tingkatkan produksi padi.

Adapun biaya keseluruhan dari 15 Unit Hand Traktor ini yakni Rp. 253 juta. Alat yang diperuntukan untuk kebun sawah dan tanah-tanah gembur, dan kelompok juga harus ada SK Bupati dan nantinya akan tercatat di buku Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

“Iya, semuanya tercatat dan selektif dalam pemberian bantuan ini. Karena ada banyak kelompok Tani yang membuat permohonan dan yang baru terealisasi untuk anggaran 2014 hanya 15 Unit. Dan saya berharap digunakan untuk kelompok karena jika bermasalah akan ada pembinaan bahkanpun akan dikenakan sanksi tidak akan menerima lagi dan masuk ke ranah hukum,” tutup Mambu.(chris)

Adapun Daftar Kelompok Tani penerima Hand Tractor di Minahasa yakni:

Sungkule Abraham, Wewelen, Tondano

Wangunan Waya, Wewelen, Tondano

Esa Toroan, Tuutu, Tondano

Alam Raya, Kiniar, Tondano

Maesa Kiniar, Tondano

Pawaliwalian, Kampung Jawa, Tondano

Esa Keter, Ranotongkor Tombariri Timur

Gotong Royong, Lola, Tombariri Timur

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*