Selasa, 17 September 2019

Selain Pajak, Operasi Samsat Dishub Periksa KDSW-KLJ

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi (DisHubKominfo) Boltim hingga akhir pekan dibulan November ini masih rutin menggelar operasi patuh.

Dimana selain memeriksa surat-surat adminsitrasi pajak kendaraan serta kelayakan operasi kendaraan baik taksi maupun pribadi, Samsat juga memeriksa Kartu Dana Sumbangan Wajib dan Kecelakaan Lalulintas Jalan (KDSW-KLJ).

“Ini berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 34 Tahun 1964 tentang dana kecelakaan lalulintas jalan. Dimana ini berlaku untuk semua pemilik jenis kendaraan baik roda empat maupun dua,”terang Kepala Samsat Boltim, Deny Tenda melalui petugas Kepolisian Samsat, Bripka Aswar di Kantor Samsat Boltim.

Adapun manfaat kegunaan kartu dana kecelakaan lalulintas itu, menurutnya untuk menjamin diri para korban pengemudi dan penumpangnya atau pihak ketiga dalam penggunaan kendaraan dijalan raya jika terjadi kecelakaan dengan bentuk tunjangan jaminan dari pihak Jasa Raharja.

“Besar santunannya bervariasi sesuai bentuk kejadian yang dialami pihak ketiga. Besaran anggaran itu juga berdasarkan peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 36/PMK.010/2008 dengan berbagai kategori seperti, meninggal dunia Rp25 juta, cacat tetap Rp25 juta, biaya perawatan Rp10 juta serta biaya penguburan Rp2 juta,”ungkapnya.

Ditambahkannya juga kesemuanya itu harus melalui pemeriksaan atau rekomendasi dari pihak rumah sakit yang merawat korban. Yang dari hasilnya itu dapat diketahui dan berapa jumlah besaran jaminan yang akan diberikan oleh pihak Jasa Raharja.

“Jadi jaminan yang diberikan harus kepada penerima langsung (kalau tidak meninggal,red) atau kepada kerabat langsung contoh, jika suami yang korban berarti istrinya yang menerima begitupun sebaliknya. Untuk anakpun berlaku kepada orang tuanya, terkecuali orang tuanya menjadi korban, jaminan itu tidak bisa diserahkan ke anaknya,”jelasnya.

Sementara itu dari informasi yang ada, khusus jaminan biaya penguburuan itu diberlakukan bagi korban yang tidak mempunyai sanak saudara maupun anak istri. Dimana itu langsung ditangani pihak Jasa Raharja.(Ojr)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*