Minggu, 22 September 2019

Lahan Produksi Cabai di Minahasa 323 Hektar

TONDANO, (manadoterkini.com) – Harga Cabai atau “Rica” di Minahasa tembus hingga 70 Ribu per kilogram. Pelak saja hal itu dikeluhkan warga Minahasa. Karena dengan harga yang fantastis ini masyarakat berhemat membelinya, bahkanpun para penjual makanan khas Minahasa mengurangi “Rica” yang menjadi kebutuhan mereka.

Kepada manadoterkini.com Sekretaris Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Minahasa Raf Hombokau, SP mengatakan bahwa harga “Rica” cukup mahal dipasaran karena stok petani rica di Minahasa menurun karena disebabkan oleh Kemarau yang cukup panjang. “Iya, nanti 3 minggu terakhir ini naik, Minahasa banyak tapi karena pengaruh musim panas jadi banyak yang rusak,”ujar Hombokau diruang kerjanya, Senin (17/11).

Sementara itu dari data Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Minahasa seperti yang diutarakan Kepala Bidang Holtikultura Ir. Elke J. Rambing kepada manadoterkini.com bahwa di Minahasa dari data, ada 323 Hektare yang dijadikan lahan produksi “Rica”, “Rinciannya untuk areal Cabai Rawit ada 227 Hektare dengan Produksi 5.284 Ton dengan Produktivitas 23,28 /Ton/Hektare. sedangkan untuk Cabai ukuran besar 96 Hektare dengan Produksi 3.721 Ton, produktivitas 38,76 /Ton/Hektare, itu saat tidak terjadi kekosongan pasokan,”tutur Rambing.

Ditambahkannya lagi pengaruh mahalnya Cabai di Minahasa karena dipengaruhi oleh iklim.”Iya, pegaruh berkurang karena panas sekitar 3 atau 4 bulan, banyak petani membiarkan lahan cabai karena tidak ada air bahkanpun petani mengeluh karena sering diserang Hama. Kalaupun bantuan dari dinas selalu kami berikan kepada petani, bantuan itu tidak lagi uang tapi dalam bentuk Bibit dan pupuk, semuanya untuk menunjang program Bupati Minahasa untuk perubahan dan pembaharuan di Minahasa, sebagai daerah pengasil Cabai di Indonesia Timur,”tutup Rambing.

Seperti di wartakan Minggu (16/11) harga cabai di pasar Tondano mencapai Rp. 70 ribu per kilogram, masyarakat berharap agar harga cabai bisa terjangkau harganya apalagi mendekati Hari Natal dan Tahun Baru. (chris)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*