Rabu, 18 September 2019

Pasca Kenaikan Harga BBM, TPID Manado Pantau Gejolak Bahan Pokok di Pasar

manado

Kepala BI dan Wawali di Pasar Karombasan, harga cabe terus naik

MANADO, (manadoterkini.com) – Pasca kenaikan harga BBM, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Manado, langsung turun memantau kondisi bahan pokok di Pasar Karombasan. Dalam pantauan tersebut ada beberapa bahan pokok yang sudah mengalami kenaikan harga sejak beberapa pekan terakhir.

Dimana harga cabe diakui sejumlah pedagang setiap hari terus naik, mulai minggu pertama bulan November telah mencapai Rp25 ribu dan pada minggu ketiga tembus Rp75 ribu per kilo.

Seperti diungkapkan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara, Luctor E Tapiheru, mengatakan pada saat ini dampak dari kenaikan BBM masih belum terasa karena beberapa bahan pokok sudah naik sejak 4 hari atau seminggu yang lalu. “Seperti Cabe dan Tomat sudah mengalami kenaikan sepekan terakhir,”ujar Tapiheru.

Lanjutnya, kenaikan bahan pokok saat ini masih dalam taraf wajar sehingga masih dapat dijangkau oleh masyarakat. “Untuk itu pemerintah daerah harus terus memantau terkait dengan distribusi bahan pokok agar nanti adsa langkah-langkah antisipasi. Konsumen harapkan barang adadan juyga berharap kenaikan harga jangan terlalu besar,” sarannya.

Sementera itu Wawali Manado Harley Mangindaan, pantauan tersebut guna memastikan stok bahan pokok ada dipasaran. ”Pantauan ini untuk memastikan bahwa barang pokok itu tersedia dan masih normal,”kata Wawali.

Diakuinya, mesti masih tersedia namun nyaris semua harga bahan pokok telah naik pasca pemerintah pusat menaikan harga BBM. ”Ketika dipantau saat ini ada kenaikan yang signifikan seperti harga cabe diikuti tomat. Untuk daging kenaikannya tidak signifikan, tapi kami akan terus pantau apalagi perubahan cuaca di manado yang berubah-berubah mengakibatkan distribusi bahan pokok menjadi kurang normal,” terang Mangindaan.

Dalam pemantauan di Pasar Karombasan juga terlihat Asisten II Setda Kota Manado, Rum Usulu dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Dante Tombeg.(tim)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*