Senin, 16 September 2019

JWS Ingatkan Aparat di Minahasa Selektif Keluarkan Izin Galian C

manado

Bupati Drs Jantje W Sajow MSi

TONDANO, (manadoterkini.com) – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow M.Si, membuka pelaksanaan Sosialisasi Regulasi tentang Penambangan Bahan Mineral Bukan Logam dan Batuan yang digelar oleh Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Minahasa Selasa (18/11) di Manado Tateli Beach (MTB) Tateli, Kecamatan Mandolang, Minahasa.

Bupati Jantje Wowiling Sajow mengatakan dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 3 ditegaskan “Sumber daya alam dikuasai oleh Negara dan digunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat”. Hal ini mengingatkan kepada para Camat, Lurah dan Hukum Tua untuk lebih selektif dalam mengeluarkan izin pertambangan dan galian C.

Untuk itu, Bupati berharap para Camat yang bersentuhan dengan Galian C mengeluarkan izin berdasarkan aturan yang berlaku. Begitu pula para Lurah dan Hukum Tua jangan mengambil jalan pintas untuk pembebasan tanah. “Dewasa ini orientasi pengelolaan bahan mineral sering mengabaikan kepentingan perlindungan dan keberlanjutan konservasi mineral sehingga terjadinya kerusakan lingkungan, kurang dihargai hak dan kepentingan masyarakat adat bahkan mengorbankan pembangunan di daerah, “kata JWS

Ditambahkan Bupati, hal-hal tersebut dapat memicu ketidakpuasan masyarakat. Karena itu selaku pemerintah dituntut untuk menghasilkan manfaat bagi kepentingan rakyat banyak, berkelanjutan dan kelestarian fungsi lingkungan, konservasi sumber daya mineral dan nilai-nilai budaya setempat. “Usaha pertambangan mineral harus berjalan atas medan dan kesempatan yang sama, transparan, kebebasan pasar, persaingan perdagangan dan investasi secara global,” tutup Bupati.

Turut serta dalam acara ini, mewakili Kadis ESDM Sulut Ir Meity Polii, Kadis ESDM Minahasa Drs Donald Wagey MBA, para pejabat Pemkab, para Camat se-Minahasa, para Lurah dan Hukum Tua yang memiliki wilayah pertambangan di Minahasa. (chris)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*