Senin, 16 September 2019

Boltim Duduki Posisi Tertinggi Serapan APBD 2014

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Belum habis eforia dengan manajemen keuangan daerah yang terbaik diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), saat ini Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang dinahkodai Bupati Sehan Landjar SH kembali menjadi kampiun prihal capaian hasil tertinggi serapan APBD yang mencapai 75 persen.

Melalui Dinas Pendapatan Pengelolahan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim),Sekretaris Slamet Umbola, menjelaskan serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2014 hingga november minggu ke III ini mencapai 75 persen.

“Capaian PBB sudah 96,15 persen, serapan realisasi untuk PAD 73,24 persen. Untuk target PAD sendiri sebesar 11 Milliar lebih, dan capaiannya baru sekitar 8.1 Milliar,” ungkapnya Kamis (20/11).

Sejalan dengan itu, dirinya juga menjelaskan, diantara serapan realisasi APBD se Bolmong Raya (BMR), Boltim menduduki posisi tertinggi baik itu pajak daerah, retribusi daerah dan pendapatan lain yang sah. Sehingga, Ia optimis capaian PAD akan melebihi capaian tahun 2013 lalu.”Kita optimis akan lebih dari 90 persen pada akhir tahun ini, minimal sama dan maksimalnya melebihi realisasi pada tahun lalu,” jelas Umbola.

Dirinya menambahkan, untuk saat ini pencapaian realisasi masih sekisar 75 persen di akibatkan masih banyak pekerjaan fisik yang belum melakukan pencairan dana. Karena masih ada sebagian perusahaan masih melakukan pekerjaan dan belum meminta proses pencairan.

“Maka itu kita belum bisa menghitung keseluruhan penyerapan realisasinya. Seperti pekerjaan jalan di Atoga Rp 2,7 M, gedung DPRD Boltim Rp 1 M, Perbaikan Jalan Togid Rp 300 juta, Drainase Rp 1,6 M , dan jalan kokapoi-kakenturan Rp 4 M lebih,” tambah Umbola.(ojr)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*