Senin, 16 September 2019

Bupati Minsel Warning SKPD Soal Peruntukan Anggaran Perubahan

amurang

Bupati Minsel Tetty Paruntu SE

AMURANG, (manadoterkini.com)-Pasca ditetapkannya Peraturan Daerah (Perda) APBD Perubahan 2014, Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE, mewarning seluruh pimpinan SKPD. Ia meminta penggunaan anggaran harus sesuai peruntukan dan memperhatikan asas manfaat.”Pergunakan anggaran sebaik mungkin. Jangan sampai ada yang tidak sesuai dengan yang sudah ditata,” ujar Tetty sapaan akrab Bupati Minsel ini mengingatkan.

Ia mengatakan penggunaan anggaran harus diarahkan pada program kerja yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti pembangunan sarana prasarana, pemberian bantuan kepada masyarakat serta sejumlah program terobosan lainnya.”Lebih khusus yang sifatnya menyangkut pelayanan publik. Itu yang harus menjadi prioritas,” katanya.

Karena, menurut Tetty APBD Perubahan sudah ditetapkan, dia meminta agar proses lanjut seperti pemasukan DPA serta anggaran kas tiap-tiap SKPD, harus segera bergulir. Hal itu perlu agar pencairan dana di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Sitaro secepatnya segera terlaksana.”Diupayakan semua tahapan itu sudah harus rampung dalam minggu ini, supaya proses pencairan sudah bisa jalan,” harapnya seraya tak lupa mengingatkan soal serapan anggaran dan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Pendapatan Aset Daerah (DPKPAD) Minsel Denny Kaawoan mengatakan, saat ini seluruh SKPD sudah diminta untuk memasukan DPA serta daftar anggaran kas guna penerbitan SPD perubahan.”Untuk sekarang tahapannya sementara berlangsung, sehingga tergantung sejauh mana SKPD memasukan dokumen yang diminta. Kalau sudah lengkap kami langsung menindaklanjutinya dengan menerbitkan SPD perubahan,” katanya.

Terkait perkiraan waktu yang dibutuhkan dalam rangka penyelesaian tahapan tersebut, Kaawoan memastikan tidak akan lama. Kalau lancar, kata dia, maka pekan berjalan ini proses pencairan anggaran sudah berlangsung.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*