Senin, 16 September 2019

Mitra Koleksi 40 Pertamini, Miliki Ijin Usaha dari Pemkab

RATAHAN,(manadoterkini.com)-Sedikitnya ada 40 Pertamini atau biasa disebut penjual bensin eceran. Tak ayal SPBU yang beroperasi di Kabupaten Minahasa Tenggar (Mitra) seringkali kehabisan BBM akibat diborong pedagang bensin eceran. Sejumlah pemilik kendaraan pun mengaku terganggu, karena mereka harus mengeluarkan uang lebih jika ingin mendapatkan BBM premium, karena tidak lagi dibeli di Pertamina melainkan Pertamini.

Menjawab ini Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan (BPMPP) Mitra GH Mamahit membenarkan kalau di wilayah Ratahan ada 40 Pertamini yang telah memiliki izin usaha.”Ijin tersebut kami keluarkan sejak beberapa tahun lalu,” ujar Mamahit.

Lanjutnya, pemberian izin tersebut telah melalui sejumlah kajian. Dimana, ijin keluar setelah ada permohonan dari pelaku usaha.

“Para pemohon musti melampirkan surat persetujuan dari warga sekitar dalam radius 15 meter dari kios tersebut. Dan catatan penting pelaku usaha hanya diijinkan menjual Pertamini. Mereka tidak dibolehkan menampung,” kata dia.

Ditambahkan Mamahit, untuk ijin yang sudah dikeluarkan akan berlaku pada tahun ini saja, dan pihaknya berencana akan menghapus izin itu tahun depan.

“Tahun depan sudah tidak lagi seperti ini,” tambahnya.

Sementara itu pengamat masalah sosial Sonny Rundengan berpendapat, meski bertujuan membantu usaha kecil, namun pemberian izin tersebut tetap melanggar aturan.

“Yang mereka beli itu kan subsidi, kemudian mereka jual lagi dengan harga lebih. Selain itu juga membahayakan warga sekitar, Bisa terbakar atau meledak, apalagi ada penjual yang merokok sambil mengisi bensin,” kata Rundengan.(chindry)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*