Minggu, 22 September 2019

BPMD Pertanyakan Realisasi Dana PNPM-MP se-Boltim

TUTUYAN,(manadoterkini.com)- Realisasi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) tahun 2014 yang tersebar di lima kecamatan se- Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) segera dievaluasi. Demikian dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim Drs. Rusdi Gumalangit kepada manadoterkini.com hari ini, Kamis (20/11).

Selain kegiatan PNPM-MP di Desa, pengelolaan keuangan di Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) tingkat Kecamatan juga akan dievaluasi. “Evaluasi wajib dilakukan, karena BPMD selaku Satuan Kerja (Satker) pelaksanaan PNPM-MP di Kabupaten,” ujar Rusdi.

Ia pun mengaku, belakangan ini kegiatan anggaran dari PNPM-MP banyak dikeluhkan masyarakat. Sebab itu, BPMD selaku Satker akan bekerja sama dengan pihak kepolisian akan melaksanakan supervisi langsung disetiap Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa dan UPK Kecamatan.

Disamping itu, BPMD juga akan meminta pihak auditor yakni Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk mengaudit realisasi dana PNPM-MP yang di kelolah UPK, TPK se- Kabupaten Boltim. ” Kami sempat mendapat kabar bahwa disalah satu UPK, pengelolaan keuangan PNPM-MP tidak sesuai prosedur. Ini perlu dipertanyakan. Makanya kami akan lakukan supervisi sekaligus pemeriksaan administrasi serta audit,” tukasnya.

Rusdi menegaskan, jika ada hal yang tidak benar dalam kegiatan dan pengelolaan keuangan PNPM-MP, bisa saja dibawa ke ranah hukum. “BPMD adalah Satker, Polsek-Polsek selaku pengawas. Jadi jika ada dugaan penyimpangan bisa saja diproses hukum,” tegas mantan Camat Modayag ini.(Ojr)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*