Senin, 16 September 2019

Anggaran Capai 15,3 M 2015 Tetty Fokus Bangun Jalan di Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com)-Komitmen Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE, untuk membangun sarana jalan, mulai dari jalan kabupaten, jalan kecamatan dan jalan desa benar-benar akan diwujudkannya. Pasalnya, dari total Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diterima, yakni Rp 23,4 miliar, sebagian besar digunakan untuk membangun sarana jalan, dimana mencapai Rp 15,3 miliar.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Minsel Ir Jootje Tuerah ST MT, bila dibanding pada 2014 ini, tahun 2015 mendatang DAK Minsel naik kurang lebihRp 6,3 miliar. Dimana sebelumnya hanya menyentuh angka Rp 17 miliar, saat ini naik menjadi Rp 23,4 miliar.

” Kenaikan DAK di Dinas Pekerjaan Umum tidak lepas dari perjuangan Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE di pemerintah pusat,” ujarnya.

Ditambahkannya, tahun 2015, akan ada beberapa mega proyek pembangunan ruas jalan nasional dan juga provinsi lewat dana APBN yang telah dilobi Bupati Tetty, seperti halnya lanjutan pelebaran jalan Trans Sulawesi dan juga pelebaran ruas jalan di daerah Minsela.

Sementara itu, Tonny Lumenta SH tokoh masyarakat Minsel berharap alokasi anggaran perbaikan ruas jalan di Minsel dengan total anggaran Rp 15,3 miliar bisa melihat skala prioritas.

” Ada beberapa kecamatan yang mungkin bisa mendapat perhatian tersendiri, seperti halnya sejumlah kecamatan di Minsela dan Tatapaan,” kata Lumenta.(dav)

Grafis Alokasi DAK di Dinas PU Minsel Untuk Tahun 2015

1. DAK Jalan Rp 11,1 miliar

2. DAK Irigasi Rp 4,1 miliar

3. DAK Air Bersih Rp 2,2 miliar

4. DAK Sanitasi Rp 1,8 miliar

5. DAK Transportasi Desa Rp 4,2 miliar Keterangan : Ini sudah termasuk dana pendamping.

(Sumber : Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Minahasa Selatan)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*