Senin, 16 September 2019

Pemkot Bitung Sosialisasikan Permendagri Nomor 1 Tahun 2014

bitung

Hanny Sondakh (ist)

BITUNG, (manadoterkini.com)-Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung saat ini mulai mempersiapkan diri untuk menerapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 Tahun 2014. Persiapan ini mulai dilakukan oleh Pemkot Bitung dengan cara dimulai dengan mengsosialisasikan peraturan tersebut.

Walikota Bitung Hanny Sondakh melalui Asisten III Pemkot Bitung Drs Malton Andalangi kepada manadoterkini.com, menjelaskan bahwa, tujuan sosialisasi ini adalah mencari tahu bagaimana teknis pembentukan produk hukum dan penyusunan Program Legislasi Daerah tahun 2015, sesuai yang diatur dalam permendagri yang ada.”Ini bukan hanya menjadi Bagian Hukum saja, tapi tanggung jawab seluruh SKPD,” tukas Andalangi.

Untuk itu, seluruh pimpinan SKPD diminta memahami dengan benar seluk-beluk Permendagri Nomor 1 Tahun 2014 tersebut.

Hal senada disampaikan, Kabag Hukum Pemkot Bitung Wenas Luntungan SH MH menambahkan, bagi SKPD yang jadi pemrakarsa pengajuan pembahasan Prolegda ke lembaga DPRD, diminta mempersiapkan naskah akademik atau keterangan penjelasan dan matriks perda lama yang akan diubah. Pemasukan tersebut menjadi wajib sebagaimana diamanatkan permendagri tersebut.”Jadi mulai tahun depan, prosesnya seperti itu. Ini tujuannya agar perda yang dihasilkan benar-benar akurat dan berdampak positif terhadap kebijakan yang akan dijalankan pemerintah,” tandasnya.

Lanjut Dia mengatakan, untuk pemasukan naskah akademik dan matrik perda lama itu, harus dilakukan sebelum tahun 2014 ini berakhir.”Paling lambat awal Desember sudah masuk. Ini berlaku bukan cuma untuk perda, tapi juga perwa peraturan walikota (Perwa) dan SK walikota yang akan dihasilkan pada tahun 2015 mendatang,” tukasnya.(tr1)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*