Minggu, 22 September 2019

Pilkades Serentak di Mitra Akan Dibiayai APBD

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Sebanyak 34 Desa di Minahasa Tenggara akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada Februari 2015 mendatang. Namun untuk biaya pelaksanaan Pilkades tersebut akan dibebankan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). “Nantinya, tidak ada lagi alasan bagi panitia pemilihan untuk memungut biaya kepada masyarakat. Saya akan tindak tegas jika kedapatan masih memungut biaya kepada masyarakat,”tegas Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH.

Kepala Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Mitra, Drs Piether Owu melalui Kabid Pemdes Joni Mokolomban SSos, menuturkan pelaksanaan Pilkades sudah mendesak Pasalnya, dari jumlah 135 desa yang ada di Kabupaten Perjuangan ini, masih banyak di antaranya yang belum memiliki kepala desa definitif. “Pilkades akan dilakukan di tiga puluh empat desa secara serentak Febuari tahun depan,” ungkap Mokolomban.

Dari 34 desa, 21 kepala desa di antaranya telah mengantongi SK Bupati dan berstatus sebagai pejabat kepala desa selama setahun dan bisa diperpanjang selama enam bulan. Sedangkan 13 lainnya masih berstatus sebagai pelaksana harian (Plh) karena masih mengantongi nota dinas dari camat setempat. ”Yang masih berstatus Plh adalah Kepala Desa di Desa Silian II Kecamatan Silian Raya, Desa Tombatu Kecamatan Tombatu, Desa Mundung I Kecamatan Tombatu Timur, Desa Toundanow I Kecamatan Touluaan, Desa Betelen I Kecamatan Tombatu dan Desa Ratatotok Tenggara Kecamatan Ratatotok,” ungkapnya.(chindry)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*