Selasa, 17 September 2019

Pemkot Manado Pangkas Dana Perjalanan Dinas Alokasikan bagi Korban Banjir

Walikota GSVL : Ini Semua Demi Warga Kota Manado Tercinta

manado

Arahan Walikota GSVL kepada Camat dan Lurah yang akan menyalurkan dana bagi korban bencana

MANADO, (manadoterkini.com) – Pemkot Manado telah memangkas dana perjalanan dinas dalam APBD Perubahan 2014, untuk dialokasikan bagi korban bencana banjir 15 Januari lalu. Pelak saja kebijakan tersebut mendapat apresiasi elemen masyarakat termasuk DPRD Manado. “Kebijakan Walikota Manado dengan memangkas sejumlah anggaran birokrasi, seperti perjalanan dinas, pengadaan kendaraan dan lainnya patut diberi apresiasi. Kebijakan seperti inilah yang merupakan pro rakyat,”ujar tokoh masyarakat Widdy Rorimpandey SPt MPd.

Terkait kebijakan pemangkasan dana perjalanan dinas dan dialihkan untuk korban banjur, diungkapkan Walikota GS Vicky Lumentut, semata-mata untuk kepentingan masyarakat banyak. “Ini semua untuk kepentingan wargaku tercinta di Kota Manado, dananya dari APBD. Kita mensiasati dan melakukan pemangkasan biaya perjalanan dinas dan biaya keperluan birokrasi lainnya, dana yang dikurangi tersebut diarahkan pada pemberian bantuan bencana bagi warga korban bencana tentunya. Saya berharap ini bermanfaat dan membantu masyarakat secara tepat sasaran,” ujar Walikota, saat memimpin rapat bersama Camat dan Lurah, yang wilayahnya terkena dampak bencana 15 Januari lalu, Senin (24/11) di ruang serbaguna kantor Walikota Manado.

Dijelaskan Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), pihaknya memberikan batas waktu hingga akhir tahun ini untuk merealisasikan bantuan bencana kepada masyarakat yang berhak menerima. “Bantuannya dinaikkan, ribuan warga akan memperoleh bantuan bencana ini. Terkait klasifikasi rumah rusak berat atau rusak ringan nanti menjadi tanggung jawab teknis Badan Pengelolaan Keuangan Daerah untuk mencairkannya. Kami mengaturnya secara merata dulu. Kemudian, bulan November ini sudah mulai pencairan, paling lambat Desember 2014 proses pencairannya sudah tuntas,” jelas Lumentut yang turut didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Harfey Sendoh.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*