Rabu, 18 September 2019

Call Centre 118 Hadir di Manado

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Dengan Reaksi Cepat dan Tepat

MANADO, (manadoterkini.com) – Kalau di Amerika (USA) memiliki saluran Call Centre 911 guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam bidang kesehatan, kini Kota Manado saat ini hadir Call Centre 118. Program ini merupakan satu terobosan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dibawah kepemimpinan Walikota Manado, Godbless Sofcar Vicky Lumentut (GSVL). Kehadiran Call Centre 118 yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Prof Kandou Malalayang guna memberikan pelayanan dengan reaksi cepat dan tepat bagi masyarakat Kota Manado. Dimana saluran Call Centre 118 ini masih tercover didalam program unggulan Pemkot yakni, Universal Coverage (UC) pelayanan Kesehatan Gratis untuk warga manado yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Manado. Terobosan saluran call centre ini adalah kerja sama dari Pemkot Manado dan Rumah Sakit Prof Kandou Malalayang.

manado

Alur call center

Call center

Walikota GSVL di tempat call center

Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, Selasa (25/11), mengajak Kepala Dinas Kesehatan Manado , Dr,Robby Motto serta sebanyak 15 orang Kepala Puskesmas yang ada di Kota Manado untuk mengikuti bimbingan singkat terkait pelaksanaan operasional saluran call centre 118, yang di sampaikan langsung oleh Koordinator saluran call centre Tumou Tou RS Prof Kandou, Dr.Jimmy Panelewen.

Walikota GS Vicky Lumentut dalam penjelasannya mengatakan,kerjasama antara Pemkot dan RS Kandou dalam pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Manado khususnya pelayanan call centre 118 ini, guna memberikan pelayanan secara cepat dan tepat bagi warga Manado. Dikatakannya di Kota Manado ada 15 Puskesmas yang terletak di sebelas Kecamatan di Manado dan di setiap Kecamatan ada 11 Unit mobil ambulance, untuk itu melalui saluran call centre 118 warga yang butuh pelayanan bisa segera terlayani. “Terkait dengan kekurangan tenaga medis di Puskesmas-puskesmas yang ada di kota Manado, akan segera dilakukan penambahan tenaga. Begitu juga dengan tenaga sopir ambulance akan ditambah juga dan itu akan dianggarkan pada APBD 2015 nanti. Dengan adanya saluran call centre 118 ini, warga yang membutuhkan bantuan pelayanan kesehatan dengan cepat akan segera terlayani,”ujar Lumentut.

manado

Call Centre 118

manado

Ruang Call Centre 118

Sementara Koordinator saluran call centre 118, Dr Jimmy Panelewen menjelaskan,sejarah dari call centre itu awalnya hanya dilakukan oleh satu profider saja yakni Telkomsel. Tetapi saat ini katanya semua profider dari sejumlah saluran telpon yang ada di kota Manado telah bisa digunakan untuk menghubungi call centre ini kecuali XL. “ Jadi saat ada warga yang membutuhkan bantuan pelayanan kesehatan di Kelurahan-Kelurahan dan telah menghubungi call centre 118, maka petugas call centre akan segera bergerak ke lapangan untuk menghubungi puskesmas terdekat sesuai dengan informasi yang diberikan oleh warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” jelas Panelewen saat memberikan bimbingan singkat akan pelaksanaan jalur saluran call centre 118.

manado

foto bersama petugas

manado

Dialog bersama paserta UC

Ditambahkannya karena saat ini kondisi Unit Gawat Darurat di RS Prof kandou sangat memprihatinkan, karena membludaknya pasien yang masuk. Untuk itu saluran call centre ini merupakan salah satu langkah, dalam melakukan tindakan bantuan mendasar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat. “Kalau Puskesmas-puskesmas di Kota Manado berjalan dengan lancar, pasti pertolongan sementara bagi warga bisa dilakukan untuk penyelamatan kesehatan sementara,” pungkasnya.(advetorial/medco/ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*