Minggu, 22 September 2019

Temu Sosialisasi Warga Buyat dan PT BPN

buyat

Sosialisasi dan konsolidasi

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Keinginan Warga Desa Buyat Barat untuk menghadirkan PT Boltim Prima Nusa Group (PT BPNG) di wilayah pertambangan warga terus menuai dukungan. Terbukti, Selasa (25/11) bertempat di Kantor Sangadi (Kepala Desa) Buyat Barat Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) seluruh warga baik tokoh masyarakat,agama dan pemerintah desa bersama-sama gelar sosialisasi dan konsultasi publik rencana penambangan emas di wilayah Buyat.

Sikap posotif proaktif yang dilayangkan warga dan PT BPNG menghadirkan kesepakatan bersama.”Silahkan PT BPNG masuk ke Buyat. Kami tidak akan menghambat setiap bentuk investasi asalkan itu positif tidak melanggar aturan dan jelas harus ada kontribusi terhadap peningkatan taraf Hidup warga,”ujar Sangadi Buyat Barat Mutiara Potabuga.

Menjawab atas keinginan warga, PT BPNG melalui Ketua Tim eksternal Rivo Sandehang mengatakan saat ini PT BPNG akan lebih mengutamakan keselamatan dampak lingkungan.”Dalam pengkajian dampak lingkungan menjadi prioritas, dan PT BPNG mempunyai 12 Tim ahli studi amdal. Intinya, kajian tim ahli ini demi menjaga alam agar tidak dirusak oleh zat-zat kimia yang merugikan kelangsungan ekosistem, dan itu sudah menjadi harga mati bagi PT BPNG untuk memulai proses penambangan,”terang Rivo kepada manadoterkini.com.

Ikhwal perijinan pertambangan daerah, baik ijin operasi dan mekanisme amdal, PT BPNG saat ini terus menyelesaikannya lewat koordinasi intensif dengan instansi-instansi pemerintah terkait.”Kami akan memenuhi semua aspek lingkungan dan hukum, demi kelangsungan pembangunan masyarakat Boltim ke depan,”jelas Rivo.

Pantauan langsung manadoterkini.com,gelar sosialisasi ini sangat diapresiasi seluruh warga Buyat. Turut hadir Pemkab Boltim diwakili oleh Badan Lingkungan Hidup, Perwakilan dari Polsek Kotabunan, Perwakilan Badan Perwakilan Desa (BPD) dan 12 Tim studi amdal BPNG.

Acara ditutup dengan penyerahan bantuan dari PT BPNG kepada Ketua Panitia Pembangunan Masjid Buyat Barat Jalim Paputungan.(ojr)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*