Minggu, 22 September 2019

Petani Minsel Diminta Manfaatkan Musim Hujan Dengan Menanam

AMURANG, (manadoterkini.com) – Musim penghujan telah tiba merupakan peluang bagi para petani yang adalah sebagian besar warga Minahasa Selatan (Minsel) untuk kembali mulai menanam.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Minsel Ir Decky Keintjem, Sulawesi Utara termasuk Minsel saat ini sudah memasuki musim hujan sejak awal bulan ini. Untuk itu dirinya mengingatkan pada para petani untuk memanfaatkan musim hujan ini dengan kembali menanam.”Musim hujan ini peluang untuk menanam. Musim kemarau lalu telah dimanfaatkan petani dengan membersihkan lahannya. Ini sudah terpola setiap tahunnya,” ujar Keintjem.

Namun demikian Dia mengatakan, rotasi musim saat ini sudah bergeser tidak lagi seperti dahulu. Untuk itu para petani dihimbau dapat membaca waktu peralihan musim dan segera menanam tanaman pangan, hortikultura, maupun perkebunan. Untuk bibit menurut Keintjem ketersediannya aman.

Dengan bergesernya peralihan musim ini Keintjem optimis swasembada beras maupun pangan di Minsel akan tercapai. ”Saya yakin swasembada beras tahun ini akan tercapai. Bahkan kita mengejar surplus. Hal ini didukung dengan luas lahan padi sawah di Minsel sangat memungkinkan,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*