Senin, 16 September 2019

Peringati Hari Guru, Walikota : Guru Merupakan Pendidik Profesional

manado

Upacara Peringatan hari guru di Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut menturkan guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jenjang pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah. Aktualitas fungsi guru kata Walikota adalah sebagai tenaga profesional dan merupakan prasyarat untuk meningkatkan kualitas proses dalam pembelajaran.

“Sebagai tenaga profesional, guru berperan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab,”ujar Walikota GSVL dalam upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI yang ke 69, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado di Lapangan Sparta Tikala.

Kemajuan suatu bangsa tergantung dari besarnya perhatian dan upaya bangsa yang bersangkutan dalam mendidik generasi muda. “Jika anak bangsa memperoleh kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengembangkan bakat dan kecakapannya, mendalami pengetahuan, serta mengembangkan disiplin, watak, kepribadian dan keluhuran budinya, maka bisa dikatakan bangsa tersebut akan memiliki masa depan yang cerah,” terang Lumentut.

Oleh karena itu lanjut Walikota, berbagai upaya untuk meningkatkan profesionalitas guru, harkat dan martabat bagi bangsa yang sedang membangun mutlak diperlukan.

Terkait dengan adanya dana sertivikasi guru, Ia berharap dapat diikuti dengan pelayanan pendidikan yang prima bagi anak didik. “Jangan Abaikan Tanggung-Jawab Dengan Aksi-Aksi Demo, Karena Yang Pasti, ‘Guru Kencing Berdiri-Murid Akan Kencing Berlari. Itulah Yang Harus Diperhatikan. Ayo Tetap Semangat,” pungkas Walikota.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*